Cara Packing Mudah dan Ringkas

packing ringkas dan cepatBerkemas untuk perjalanan/liburan

Packing (berkemas) adalah cara atau teknik menyusun barang–barang yang akan dibawa selama perjalanan di dalam ransel atau koper. Seringkali kita tidak sadar telah membawa banyak barang padahal durasi perjalanan hanya tiga hari. Berkelana dengan satu ransel saja sudah cukup. Namun, banyak orang masih tetap merasa santai menyeret koper besar yang rempong dan tidak efektif dibawa ke mana–mana. Bila barang Anda sedikit tidak menjadi masalah. Namun, bila barang bawaan terlalu banyak akan menimbulkan kerepotan seperti harus membayar biaya tambahan akibat kelebihan bagasi di pesawat.

Sebelum menyiapkan barang–barang yang diperlukan selama perjalanan, bacalah uraian singkat berikut tentang dasar–dasar berkemas yang mudah dan praktis.

Loading...

Yang paling utama, tentukan dahulu tujuan/tempat liburan anda. Apakah dalam rangka bisnis, liburan ke pantai, gunung atau sekedar keliling kota. Ketahui pula musim di daerah tersebut. Dengan mengetahui tujuan beserta musim di daerah yang akan dituju, Anda bisa membuat daftar barang–barang yang perlu dan tidak  perlu di bawa. Hal ini untuk menghindari agar tidak kebanyakan membawa barang–barang yang tidak berguna.

READ:  Pasar Keberuntungan Di Thailand

Perlengkapan utama yang harus dibawa yakni pakaian. Bawalah pakaian yang terbuat dari katun, nylon, dan polyster. Pakaian yang terbuat dari bahan–bahan ini cepat kering ketika dicuci. Semakin tipis pakaian yang Anda bawa maka semakin ringan dan ramping bentuk tas Anda. Untuk negara yang bermusim dingin, bawalah pakaian tebal yang terbuat dari kulit atau wol. Bawalah kaos oblong berlengan panjang, jaket yang tahan dingin/air, kaus kaki, penutup kepala atau sepatu boots.

Jika untuk tujuan bisnis, hilangkan kaus oblong, tambahkan kemeja dan jas. Untuk wanita bawalah rok atau celana panjang yang terbuat dari katun.

Usahakan membawa atasan dan bawahan yang warnanya bisa dikombinasikan satu sama lain. Misalnya warna–warna netral, pastel atau lembut. Bawahan berwarna gelap lebih netral dan bisa dikombinasikan dengan atasan coklat tua, putih, biru, oranye atau hijau muda. Lebih bagus lagi jika membawa rompi atau kemeja berkantung. Ini akan membantu mengurangi beban di tas. Anda bisa menyimpan barang–barang ringan seperti dompet atau ponsel di dalamnya.

READ:  5 Tips Liburan Ke Bali Dengan Biaya Murah

Komposisi ideal untuk pakaian yang masuk dalam ransel yakni dua – 3 kaus oblong, 2 kemeja, 2 celana pendek, 2 celana panjang, 6 pasang pakaian dalam, 3 pasang kaus kaki, peralatan mandi dalam tas kecil, handuk kecil tipis (atau Anda dapat membawa kanebo khusus untuk mandi) dan tas baju kotor yang bisa dilipat. Tapi ini bukan formula yang baku, dapat disesuaikan berdasarkan musim di lokasi tujuan, gender atau kepentingan lainnya.

Jika Anda bepergian selama satu minggu, mencucilah sekali. Mencuci pakaian bisa di tempat penginapan atau Anda bisa menggunakan jasa laundry setempat. Beberapa tempat penginapan juga menyediakan laundry gratis untuk tamunya.

Pisahkan alat elektronik seperti kamera, handphone, tablet atau komputer jinjing di wadah yang tahan air.

Taruhlah perlengkapan toiletries seperti odol, sikat gigi, sisir, cream wajah, parfum, lotion, pelembab di tas kecil. Untuk menghemat tempat, belilah produk yang berukuran kecil. Di supermarket atau mall banyak dijual botol produk kecantikan mini berukuran 20 atau 60 ml khusus dibawa selama perjalanan.

READ:  Keindahan Pantai Tersembunyi di Indonesia

Dengan cara seperti ini, perjalanan Anda akan terasa ringan dan mudah karena semua barang yang Anda perlukan sudah tertata rapi dan teratur.

Selamat berkemas!

(photo: images.detik.com)