Apa Yang Harus Dilakukan Jika Gadget Kena Air?

bila gadget kena airGadget kena tumpahan air

Apa yang akan Anda lakukan jika gadget kesayangan terkena air, entah kehujanan, tersiram kuah soto, jatuh di akuarium atau kolam renang, atau ditumpahi cairan seperti kecap dan saus tomat? Panik dan menggantinya dengan yang baru?

Saat ini, banyak smartphone/gadget yang memiliki kemampuan anti air. Jadi tidak jadi masalah jika tercebur atau terendam dalam air. Bagaimana kalau ponsel pintar yang Anda miliki bukan ponsel anti air? Jangan dulu terburu-buru untuk mengklaim bahwa ponsel tersebut sudah rusak.

Loading...

Tindakan pertama yang harus dilakukan untuk menyelamatkan gadget yang terkena air adalah dengan mematikan alat tersebut. Kadangkala kita penasaran apakah ponsel tersebut rusak atau masih bisa menyala sehingga terdorong niat untuk menyalakannya. Jangan lakukan hal tersebut. Menyalakan gadget sesaat setelah terendam air akan mengakibatkan kerusakan pada gadget tersebut.

Untuk menyelamatkan ponsel dari kerusakan, keringkan ponsel menggunakan handuk atau kain yang bertekstur halus lainnya. Lepas baterainya dan goyangkan ponsel secara perlahan agar air yang masuk bisa keluar. Hindari pengeringan ponsel menggunakan hairdryer karena alat tersebut bukan menghisap air keluar.

READ:  Isi Ulang Baterai Smartphone Dengan Minuman, Hemat!

Selain menggunakan kain kering, teknik lain yang digunakan untuk mengeringkan ponsel yakni dengan menggunakan alkohol. Selain cepat menguap, alkohol sangat cepat untuk memaksa air keluar.

Teknik lain yang bisa digunakan yakni dengan menimbun ponsel di dalam beras. Teknik ini kedengarannya agak aneh, namun beras memiliki sifat menyerap kelembaban. Menimbun ponsel dalam beras selama semalam dapat membantu mengurangi kelembapan ponsel Anda.

Drybox dapat pula digunakan untuk mengeringkan ponsel yang terendam air. Drybox adalah alat penyimpanan  untuk mengatur kelembapan perangkat yang disimpan di dalamnya. Dengan menyimpan ponsel di dalam drybox, Anda bisa mengatur kelembapan ponsel di tingkat serendah mungkin. Hal ini akan membantu ponsel cepat mengering.

Jika semua hal di atas telah Anda lakukan namun ponsel Anda tetap belum bisa menyala, bawalah ponsel tersebut ke teknisi yang berpengalaman. Langkah ini adalah langkah terakhir jika semua upaya telah dicoba untuk menyelamatkan gadget Anda. Dengan bantuan teknisi yang handal, ponsel yang terendam air bisa ditangani oleh ahlinya.

READ:  Wah.. Ternyata Ada Tablet Khusus Untuk Bayi dan Anak-Anak!

(photo: channel4.com)