Fakta Di balik Smartphone Transparan

smartphone tembus pandangSmartphone tembus pandang

Setelah pada tahun 2011 dan 2012 dunia teknologi dihebohkan dengan gadget keluaran terbaru yang dikenal dengan nama Smartphone. Kini tahun 2013 perkembangan smartphone semakin melejit pesat. Berawal dari handphone yang dioperasikan dengan cara memencet tombol, dan kemudian dengan sistem menggeser slide alias touchscreen, tahun ini dihebohkan lagi dengan smartphone yang tembus pandang layaknya kaca jendela.

Teknologi tembus pandang semacam ini sebelumnya hanya bisa kita lihat di film Iron Man, kini sudah bisa kita rasakan nyata dalam genggaman tangan. Inovasi seperti ini digagas oleh Polytron Technologies yang berbasis di Taiwan. Dengan memanfaatkan teknologi Switchable Glass, sebuah teknologi yang terbuat dari molekul kristal cair untuk menampilkan gambar. Kaca ini bereaksi ketika ada arus listrik mengalir di dalamnya sehingga memungkinkan cahaya tampak secara transparan.

Loading...

Dibalik semua kemegahan teknologi smartphone tembus pandang ini, ada beberapa hal unik tentang Switchable Glass yang perlu dan menarik untuk Anda ketahui.

  • Switchable glass menggunakan molekul kristal cair untuk bisa mengendalikan aliran cahaya di dalamnya yang bersumber dari arus listrik.
  • Teknologi kaca ini memungkinkan untuk mengubah layar buram menjadi bening ketika arus dimasukkan ke dalamnya.
  • Kristal cair akan berserak dan akan tersebar ketika arus listrik dimatikan, akibatnya adalah switchable glass terlihat buram.
  • Desain yang kuat pada swithable glass ini membuat tingkat perawatan yang minim dan sangat tahan lama.
  • Konsumsi akan arus listrik sangat hemat.
  • Switchable glass terbukti sangat ramah lingkungan.
  • Anda bisa mengoperasikannya dari dua sisi, tidak seperti smartphone yang beredar di pasaran sekarang. Hanya sisi depan saja.
  • Kekurangan switchable glass pada smartphone adalah beberapa bagiannya yang tidak transparan, membuatnya kurang nyaman dipandang mata.
READ:  Aplikasi Smartphone Untuk Serangan Jantung

 (photo: trend-blogger.de)