4 Antioksidan Terbaik Untuk Kulit

kulit cantik bebas radikalKulit sehat dan tetap halus berkat antioksidan

Anda sudah tahu bahwa kulit Anda – seperti bagian tubuh Anda yang lain – mendapatkan manfaat antioksidan: Mereka membantu melawan radikal bebas, senyawa tidak stabil yang menyerang sel-sel dan menyebabkan keriput, kulit kusam, dan bahkan kanker kulit. Tapi bagaimana Anda tahu mana antioksidan yang bekerja paling baik untuk membantu kulit Anda tetap halus dan muda? Kabar baiknya adalah, tidak ada alasan untuk membatasi diri hanya pada satu antioksidan.

Berikut adalah empat antioksidan terbaik untuk kulit, dikutip dari everydayhealth.com.

Loading...

Teh Hijau

Apa itu: ekstrak teh hijau berasal dari tanaman Camelliasinensis, Anda mungkin juga ingin minum teh yang diseduh dari tanaman untuk manfaat internal. Teh hijau mengandung sejumlah polifenol yang kuat, salah satunya – epigallocatechin gallate (EGCG).

Cara kerjanya: Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika EGCG diterapkan sebelum atau segera setelah paparan sinar UV, ia membantu memperbaiki perubahan seluler akibat sinar UV yang merusak. “Ia juga dapat memadamkan radikal hidrogen peroksida dan menyebabkan sel-sel kulit karsinogenik turun,” kata Jennifer Linder, MD, seorang asisten professor klinis dermatologi di University of California di San Francisco

READ:  8 Manfaat Teh Jahe

Idebenone

Apa itu: Idebenone relatif lebih stabil dibanding antioksidan koenzim Q10.

Cara kerjanya: Idebenone menembus lebih baik dari koenzim Q10 dan menawarkan lebih banyak perlindungan dari oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Ia juga melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar UVB.

Pastikan untuk melakukan uji tempel sebelum menggunakan produk yang mengandung idebenone secara teratur, sekitar 1 dari 10 orang memiliki reaksi alergi terhadap antioksidan ini, kata Deirdre Hooper, MD, asisten profesor klinis di Louisiana State University dan dermatologis di New Orleans.

Resveratrol

Apa itu: Antioksidan yang telah lama namun bekerja dengan baik, merupakan senyawa polifenol yang ditemukan dalam anggur, berry, kakao, dan bahkan kacang.

(photo: palmdesertdermatology.com)

Cara kerjanya: Studi menunjukkan bahwa resveratrol memberikan manfaat besar ketika dioleskan. “Ketika Anda menerapkan resveratrol sebelum terkena paparan sinar matahari, ia mengurangi produksi radikal bebas yang merusak dan lainnya yang berhubungan dengan kerusakan kulit akibat matahari,” kata Linder. Ia juga membantu menghambat perkembangan dan pertumbuhan tumor kanker kulit.

READ:  4 Tips Perawatan Kulit Dasar

Vitamin C

Apa itu: Vitamin ini adalah antioksidan yang esensial bagi kulit, tetapi tidak diproduksi oleh tubuh. “Untuk alasan ini, adalah bermanfaat untuk menambahkan vitamin C ke rejimen harian Anda,” kata Linder. Ia berada dalam beberapa bentuk, namun versi paling murninya adalah asam askorbat.

Cara kerjanya: Dari semua antioksidan, vitamin C didukung oleh hampir semua penelitian yang menunjukkan manfaat bagi kulit. “Ini merupakan antioksidan kuat yang telah terbukti memiliki manfaat anti-peradangan, pembangun kolagen, dan perlindungan terhadap matahari,” kata Linder.