Kisah Jam Tangan Chronograph

jam tangan chronographJam tangan chronograph

Jam tangan adalah salah satu bagian dari fashion sejak jaman dahulu. Jenis dan harga jam tangan kadang juga menjadi sebuah penanda status sosial seseorang. Dari beberapa jenis jam tangan yang digunakan orang, salah satu yang paling sering digunakan adalah jam tangan chronograph.

Jam tangan chronograph sebenarnya adalah jenis jam jangan yang merupakan perpaduan antara stopwatch dengan penunjuk waktu. Intinya, jam tangan jenis ini dapat digunakan untuk menghitung secara spesifik waktu yang ada pada sebuah kejadian selain tentu saja untuk menunjukkan waktu saat ini.

Loading...

Sejarah jam chronograph.

Sejarah mencatat bahwa Nicholas Mathieu Rieussec adalah orang pertama yang menciptakan sistim chronograph pada tahun 1821 dan mempatenkannya pada tahun 1822. Rieussec meciptakan penghitung waktu tersebut atas perintah dari Raja Louis XVIII pada tahun 1821. Sang raja adalah penggemar berat pacuan kuda dan dia sangat ingin tahu berapa waktu yang dicapai seekor kuda dari sejak start hingga finish.

Rieussec kemudian menciptakan mesin yang bisa menghitung waktu capaian seekor kuda dari sejak start hingga finish hanya dengan menekan sebuah tombol. Meski Rieussec dikenal sebagai pencipta jam chronograph, ada catatan yang menyebutkan kalau sebenarnya istilah chronograph sudah hadir sejak tahun 1776 oleh seorang pria bernama Jean-Moyes Pouzait yang datang dengan ide sebuah mesin yang mampu mencatat waktu. Kata chronograph sendiri berasal dari bahasa Yunani, chronos dan graph yang berarti waktu dan mencatat.

READ:  8 Manfaat Kesehatan Punya Hewan Peliharaan

Beberapa bantahan terhadap Rieussec juga muncul dan menyebutkan bahwa penemu chronograph yang sebenarnya adalah seorang pria Inggris bernama George Graham pada pertengahan hingga akhir abad ke-18. George Graham diklaim menciptakan sebuah alat yang bisa menghitung waktu dengan sangat tepat dan dilengkapi dengan tombol on dan off. Meski begitu George Graham tidak pernah mendapatkan patent untuk hasil karyanya itu sehingga penemuannya diragukan.

Chronograph otomatis diciptakan pada tahun 1969 oleh kerjasama beberapa korporasi jam tangan seperti Heuer, Breitling dan Hamilton dengan seorang ahli gerak bernama Dubois Depraz. Proses pengembangan yang dilakukan secara rahasia ini menandai perkembangan teknologi chronograph yang kemudian berkembang sangat pesat setelahnya.

5 Jam Tangan Chronograph Paling Diminati.

Perkembangan chronograph yang pesat itu juga memungkinkan ditanamkannya teknologi chronograph ke dalam jam tangan. Bertahun-tahun setelahnya produsen jam tangan berlomba-lomba menciptakan jam tangan yang dilengkapi dengan chronograph. Berikut ini adalah beberapa jenis jam tangan chronograph yang  paling diminati di dunia sepanjang masa.

#1. Omega Speedmaster.

Diproduksi pertama kali pada tahun 1957, Omega Speedmaster awalnya dirancang sebagai jam tangan untuk para pebalap mobil. Pada perkembangannya, ternyata jam tangan ini juga menarik perhatian NASA (badan luar angkasa Amerika).  Pada tahun 1960, NASA memilih Omega Speedmaster sebagai jam tangan resmi mereka untuk para astronotnya. Alasan mereka memilih Omega Speedmaster tentu saja karena teknologi chronograph yang dianggap sempurna.

READ:  Tips Menghindari Tindakan Pencopetan

Tahun 1969, Omega Speedmaster Profesional menemani Collins, Amstrong dan Aldrin dalam pendaratan mereka di bulan. Ini sekaligus menjadikan jam tangan ini menjadi jam tangan paling populer di bumi dan di bulan. Sampai sekarang, seri Omega Speedmaster masih terus dicari orang. Harganya sekitar USD 4.500,-

#2. Rolex Daytona.

Tahun ini Rolex Daytona memasuki usia 50 tahun sejak pertama kali diproduksi tahun 1963. Tidak ada yang tahu persis kapan pertama kalinya jam tangan ini meraih popularitas dan dicari orang banyak. Ada yang bilang penyebabnya adalah ketika Paul Newman tertangkap kamera menggunakannya dalam foto untuk sampul majalah, ada juga yang mengatakan popularitasnya meningkat ketika kumpulan kolektor terlihat begitu berminat mengoleksi model Rolex Daytona produksi tahun 60an dan 70an.

Rolex Daytona adalah jam tangan yang membuat orang rela mengantri dalam daftar panjang sejak sebelum jam tangan ini diluncurkan. Sebagian orang malah rela membayar lebih untuk bisa memotong antrian. Sebagai informasi, model Rolex Daytona produksi tahun 60an dan 70an bisa bernilai antara 30.000 hingga 40.000 dollar Amerika.

#3. Audemars Piquet Royal Oak Offshore Chronograph.

Merk yang satu ini mungkin tidak sepopuler Omega atau Rolex, tapi kualitas dan popularitasnya cukup ramai diperbincangkan oleh para kolektor. Beberapa artis, atlet dan musisi terlihat menggunakan jam tangan ini di tangan mereka.

Merek Audemars Piquet memang terkenal karena edisi terbatasnya, menjadikan merek ini sebagai salah satu merek yang paling dicari sepanjang masa.

READ:  Bingung Harus Ngapain di Seoul? Coba Kegiatan Orang Korea Ini!

#4. Breitling Chronomat.

Breitleng terkenal sebagai produsen jam tangan bagi para penerbang dan mereka yang bekerja dalam industri penerbangan. Mereka juga mengklaim sebagai produsen jam tangan chronograph terbaik di dunia.

Breitling Chronomat pertamakali diciptakan tahun 1940 dan terus mengalami penyempurnaan setelahnya. Aktor Jerry Seinfeld adalah salah satu alasan kenapa model ini menjadi begitu populer di seluruh dunia. Seinfeld menggunakan Breitling Chromatic hampir di semua episode serial komedi Seinfeld.

#5. Hublot Big Bang.

Hublot adalah anak bungsu yang lahir jauh setelah keempat brand di atas menemukan popularitas mereka. Hublot berdiri tahun 1980 dan merupakan produsen pertama yang menciptakan jam tangan “fusion” yaitu perpaduan antara bahan emas dengan karet.

Tahun 2005, Hublot memperkenalkan Hublot Big Bang yang dengan segera disambut antusiasme luar biasa oleh para penggemar jam tangan. Tahun itu penjualan Hublot meningkat 3 kali lipat. Sebuah bukti kalau brand baru bisa menyeruak menggeser dominasi brand yang sudah mapan.

(photo: images-photo-s.de)