Adu Yang Terbaik Antara iPhone 5 vs Blackberry Z10

iphone 5 vs blackberry z10iPhone 5 vs Blackberry z10

Keunikan ponsel pintar yang bermunculan di pasaran IT menjadi sebuah kemutlakan dalam meraih minat konsumen untuk memakainya. Setiap tahunnya pasti selalu ada saja yang baru dari produk-produk mereka. Hakikatnya, edisi terbaru adalah feature terbaru pula. Tentunya dengan kemasan lebih menarik.

Sebut saja dua produsen raksasa dunia smartphone saat ini, Apple dan Blackberry. Tahun 2013 telah meluncurkan seri terbaru mereka dari kelas smartphone untuk konsumennya. Apple mengangkat iPhone 5 sebagai seri terbaru dan paling top, sedangkan Blackberry yang tidak ingin ketinggalan dalam persaingan gadget touchscreen juga menggodok seri terbaru mereka yaitu Blackberry Z10.

Loading...

Keunikan dan kelebihan dari masing-masing produk membuat banyak orang bingung untuk memilih mana yang terbaik diantara keduanya. Kesalahan yang sering terjadi adalah orang salah pilih dalam memenuhi kebutuhannya, khususnya dalam bidang gadget seperti ini. Dua smartphone di atas itu memiliki keunikannya tersendiri. Dan Anda harus jeli melihat dan memilah mereka untuk kebutuhan dan keperluan Anda.

Lalu mana yang terbaik di antara keduanya, kami tidak bisa memutuskannya. Karena selalu ada hitam di antara putih, dan juga ada putih di antara hitam. Untuk itu kami telah menyiapkan perbandingan antara keduanya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda memilih yang tepat.

Kita mulai dari produk iPhone 5 besutan Apple ini. iPhone 5 yang sukses dirilis pada tahun 2013 ini memiliki kelebihan dan kekurangan juga pastinya. Seperti apa itu, berikut selengkapnya.

Desain dan Layar iPhone 5

Dari segi desain, iPhone 5 lebih besar dari pendahulunya, tapi lebih tipis dan lebih ringan. Ketebalannya hanya 7,6 mm dengan berat 112 gr. Desain iPhone 5 dibalut dengan lapisan aluminium yang kuat dan kaca. Tidak ada perbedaan jauh dengan sebelumnya yaitu iPhone 4 dari segi penempatan tombol dan bentuknya. Dan Apple membungkusnya dengan pilihan warna putih dan hitam yang elegan.

Layar yang lebih besar membuat iPhone 5 nyaman untuk dioperasikan. Mengusung layar 4 inch dan bobot yang sangat ringan membuat smartphone ini nyaman untuk digenggam. Teknologi dari layar ini salah satunya adalah Retina Display dengan resolusi 1136 x 640 pixel. Ketajaman pixelnya didukung dengan 326 pixel per inch-nya. Kelebihan ini mebuat iPhone 5 bisa memuat menu aplikasinya menjadi 5 baris.

Performa Sistem iPhone 5

Gerenasi baru artinya sistem yang baru pula di dalamnya. iPhone 5 menggodok prosesor A6 yang kualitas CPU-nya bisa 2x lipat dari iPhone yang lalu. Ukurannya pun lebih kecil 22% dari prosesor sebelumnya. Secara rinci dikatakan bahwa prosesor iPhone 5 yaitu A6 adalah prosesor yang berbasis Dual Core ARM Cortex A15. Kemampuan yang powerful tentunya untuk jajaran smartphone.

READ:  Cara Mudah Menggunakan Blackberry sebagai Wifi Router

Fitur-fitur iPhone 5

Fitur smartphone adalah yang paling ditunggu-tunggu banyak orang. Inovasi seperti apa yang bisa dihadirkan dalam produk baru mereka. Di iPhone 5, ada beberapa fitur yang ditambahkan seperti: Pertama, sms otomatis yang bisa terkirim kepada mereka yang menelpon ke gadget bahwa pemilik sedang sibuk rapat. Fitur ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan akan kesibukan dan konsentrasi tinggi yang dibutuhkan saat mengadakan rapat. Selain itu, fitur kedua yang bisa Anda nikmati adalah tambahan konektor terbaru yang dinamakan Lightning. Sebuh konektor yang lebih kecil 80% dibandingkan dengan perangkat sebelumnya.

Koneksi iPhone 5

Kehadiran smartphone fungsinya kebanyakan adalah untuk mengakses data secara online. Kebutuhan akan koneksi yang cepat membuat Apple meluncurkan teknologi 4G LTE. Sebuah teknologi dalam menikmat streaming video secara online dan download konten dari internet dengan kecepatan lebih tinggi. Bisa Anda bayangkan bagaimana kecepatan akses data akan lebih cepat dari model 3G. Sayangnya, kelebihan yang satu ini belum bisa dimaksimalkan di Indonesia, karena infrastruktur yang belum memadai untuk mengakses jaringan 4G LTE ini.

Kamera iPhone 5

Tak lengkap rasanya bila smartphone tak memiliki fitur kamera yang mumpuni. iPhone pada edisi kali ini mencoba menghadirkan terobosan baru dengan menambahkan fitur take gambar 40% lebih cepat dan mode panorama yang cukup indah. Hanya saja, kamera utamanya hampir sama dengan pendahulunya yaitu 8 MP.

Baterai  iPhone 5

Smartphone terkenal dengan konsumsi dayanya yang sangat boros. Namun iPhone 5 mencoba menjawab tantangan itu dengan menghadirkan baterai yang bisa tahan dalam kondisi standby hingga 225 jam. Sedangkan untuk menelpon dan mengakses jaringan bisa sampai 8 jam. Baterai yang disuntikkan dalam iPhone 5 memiliki kapasitas 1440 mAh. Meskipun peningkatannya cukup sedikit, tapi mafaatnya sangat terasa.

Nah, mari kita tinggalkan sejenak iPhone 5 dari Apple ini dan mencoba melirik ke pesaing kuat, Blackberry Z10 yang juga muncul pada tahun 2013 ini ternyata menyita banyak perhatian orang. Hal ini diakibatkan karena selama ini produk BB kebanyakan memakai tombol qwerty. Berikut ulasan lengkap tentang produk yang satu ini.

Fitur Terbaru Blackberry Z10

Fitur modern BB Z10 ini salah satunya adalah BlackBerry Hub. Aplikasi atau fitur ini menawarkan integrasi yang sangat menawan dalam hal akses akun-akun sosial Anda. Terkadang, ketika mengakses beberapa akun sosial di handphone BB mengharuskan kita untuk menutup aplikasi satu dan beralih ke aplikasi lain untuk membuka akun sosial yang lain pula. Tapi sekarang, teknologi yang ada dalam Blackberry Z10 ini, Anda bisa mengakses akun Twitter, Facebook, dan akun sosial lain tanpa harus berpindah-pindah ke aplikasi lain. Artinya dalam satu aplikasi, Anda bisa mengolah beberapa akun sosial sekaligus. Simpel dan menarik bukan.

READ:  Apple Akan Produksi iPhone 4,8 Inch?

Lain halnya dengan fitur BBM-an yang marak di kalangan pengguna BB. Sebelum-sebelumnya, untuk bisa berchating ria dengan teman via BBM, kita harus meminta dulu pin mereka secara manual. Pada Blackberry Z10, Anda tidak perlu repot-repot lagi dengan cara lama di atas yang harus meminta pin BB dulu. Fitur terbaru ini memungkinkan Anda untuk meng-invite teman Anda cukup dengan mencari siapa nama penggunanya dan PIN pun bisa Anda dapatkan.

Dilengkapinya juga fitur terbaru HDMI Out Port Mikro menjadikan fitur ini bagus untuk pembayaran mobile dan berbagi informasi, di mana fitur ini berfungsi untuk presentasi dan Near Field Communications (NFC). Beberapa fitur lain yang layak untuk dicoba adalah BlackBerry Flow, Keyboardnya, video chat pada BlackBerry Messenger (BBM), dan time shift.

Desain dan Layar Blackberry Z10

Layar dari Blackberry Z10 hampir-hampir sama dengan iPhone 5. Dengan sistem touchscreen yang berukuran 4,2 inch. Resolusinya bisa mencapai 1280 pixel x 768 pixel dengan tingkat kedalaman warna 356 pixel per inch. Pastinya siap untuk memuaskan Anda yang haus akan layar lebar.

Desain elegan dan menarik susah untuk dipisahkan dari produk yang satu ini. Dibalut dengan warna putih dan hitam. Keempat sudut yang membulat dan mengusung desain minimalis akan kehadiran tombol-tombol di depannya.

Desain bagian belakang dihiasi dengan logo dan teks BlackBerry. Ditambah lagi dengan tekstur yang sangat halus dan lembut menjadikannya nyaman untuk digenggam. Apalagi ketebalan yang pas. Warna hitam dan putih yang menarik tapi simpel adalah tawaran utama produk ini.

Performa Sistem Blackberry Z10

Dirilisnya Blackberry Z10 telah dibekali sebelumnya dengan prosesor Qualcom Snapdragon MSM 8960. Kecepatannya bisa mencapai 1,5 GHz dengan topangan dual core di dalamnya. Soal RAM, Blackberry telah siap dengan 2 Gb-nya. Didukung pula dengan memori internal yang memuat kapasitas 16 Gb dan kelengkapan samping slot microSD sebagai ruang untuk memori eksternal sampai 64 Gb yang bisa dipakai.

READ:  6 Manfaat yang Ditawarkan Smartphone Anda

Sistem operasi di dalamnya pun benar-benar baru. Tidak sama dengan versi Blackberry OS 7 dan jajarannya. Sangat berbeda dengan OS yang sekarang. OS Blackberry Z10 diatasi menggunakan inti program QNX. Tidak perlu menunggu loading yang sangat lama, tidak perlu lagi ada adegan cabut baterai bila handphone hang. Pokoknya performanya mulus dan mantap.

Koneksi Blackberry Z10

Urusan jaringan Blackberry Z10 tentu sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Dengan men-support jaringan Quad Band HSPA+, maka koneksi tidak lagi mengenal kata lemot atau buffer dalam hal menonton video streaming. Hampir sama denga iPhone 5, Blackberry Z10 juga mendukung jarungan 4G / LTE.

Tambahan-tambahan fitur yang bisa memaksimalkan koneksi produk ini bisa dinikmati antara lain fasilitas NFC, port Micro USB , Bluetooth 4.00, output Micro HDMI, dan WiFi dual-band 802.11. hal seperti ini sangat membantu bila jam terbang Anda sangat padat dengan urusan bisnis atau lainnya.

Kamera Blackberry Z10

Kamera pada Blackberry Z10 ini memiliki sebuah keunikan tersendiri dari smartphone lain, yaitu Time Shift. Ya, Time Shift ini memberikan nuansa unik dan baru dimana ketika mengambil sebuah moment portrait orang dan pada saat itu ada yang mengedipkan mata, hal ini sangat jelek dipandang mata tentunya. Fitur ini bisa mengatasinya.

Kamera belakang yang telah mendukung resolusi 8 Mp juga ditambahkan fitur auto focus dan LED Flash. Gambar yang dihasilkan pun lebih jernih. Bukan hanya gambar, video pun juga bisa bersaing kualitasnya. Sedang kamera depan dipasang denga resolusi 2 Mp.

Seperti itulah segelumit nilai positif dari kedua platform ini. Mana yang terbaik diantara keduanya, Andalah yang menentukan. Tentukan mana sangat pas dengan kebutuhan Anda utamanya saat kerja. Ingat juga akan hal harga, jangan sampai menderita kanker (kantong kering) setelah membeli produknya. Bijaklah dalam memilih agar Anda tidak kecewa nantinya.

(photo: intomobile.com)