4 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Di Wajah

Noda bekas jerawat di wajah terkadang membuat pusing tujuh keliling terlebih jika Anda adalah orang yang sangat memperhatikan penampilan. Giliran jerawatnya sudah hilang eh bekasnya masih betah menghiasi wajah Anda. Jika pada wajah Anda terdapat bekas jerawat dan Anda tidak mengetahui bagaimana cara untuk menghilangkannya, bacalah tips berikut.

Kami berbagi empat cara alami untuk menghilangkan bekas yang ditinggalkan oleh jerawat Anda.

Putih Telur

putih telur
putih telur (photo: health4y.com)

Putih telur kaya akan protein dan asam amino yang dapat mengencangkan pori-pori, mencegah timbulnya jerawat baru, menghilangkan bekas jerawat dan dapat menyembuhkan luka dengan cepat.

Loading...

Ambil mangkuk kecil dan 3 sendok putih telur lalu kocok hingga memutih. Gunakan jari-jari Anda dan oleskan putih telur pada wajah Anda secara merata khususnya pada bekas jerawat. Biarkan putih telur kering dan tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini 2 sampai 3 kali seminggu.

Baking Soda

Baking Soda
Baking Soda (photo: moms.mylifetime.com)

Jangan khawatir, struktur baking soda yang yang kasar tidak akan membuat kulit Anda rusak karena baking soda memiliki partikel yang sangat halus. Partikel dari baking soda akan mengupas lapisan atas sel-sel kulit mati tanpa menyebabkan kulit iritasi atau meradang.

READ:  Pola Hidup Sehat Untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Cukup campurkan sedikit baking soda dengan air sampai mengental, lalu oleskan ke wajah sambil dipijat secara lembut. Biarkan selama satu menit, sebelum membilasnya dengan air hangat. Lembabkan kulit Anda setelah melakukan pembilasan. Ulangi 2-3 kali seminggu atau tergantung pada rutinitas pengelupasan kulit Anda.

Aloe Vera juice – Jus Lidah Buaya

aloe vera juice
aloe vera juice (photo: shape.com )

Jus lidah buaya atau gel adalah cara salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat. Tidak hanya mengurangi peradangan tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meregenerasi jaringan kulit yang rusak.  Dengan menggunakan secara rutin akan mencegah jerawat sehingga kulit lebih lembut, menurunkan pembengkakan, menyegarkan pertumbuhan sel baru dan dengan demikian akan mengurangi bekas jerawat dari waktu ke waktu.

Minyak Zaitun

minyak zaitun
minyak zaitun (photo: miatoria.com)

Minyak zaitun mengandung zat besi dan vitamin A, D, E, C, B1 dan B2, kaya anti-oksidan dan agen anti-inflamasi yang baik untuk mencegah jerawat dan menghilangkan bekas jerawat secara efektif. Karena minyak zaitun adalah non-comedogenic yaitu tidak menyumbat pori-pori, dan karena itu dapat melarutkan kotoran dan minyak yang ada dalam pori-pori.

READ:  Khasiat dan Manfaat Makan Buah Pinang

Sebelum tidur oleskan minyak zaitun terutama pada bekas jerawat lalu pijat dengan lembut.  Lakukan pemijatan selama beberapa menit sampai Anda bisa merasa minyak sudah meresap ke dalam pori-pori . Dekatkan handuk hangat pada wajah Anda karena akan membantu untuk membuka pori-pori. Ulangi proses 1-2 kali sebelum membilas wajah dengan air dingin. Oleskan lapisan sangat tipis dari minyak zaitun pada wajah Anda dan biarkan selama setidaknya 15 menit sebelum tidur.