6 Cara Mengatasi Alergi Pada Kucing

tips mengatasi alergi kucing Kucing yang lucu ini bisa menyebabkan alergi

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang banyak digemari oleh semua kalangan, mulai dari orang tua hingga anak-anak. Kebanyakan menyukai kucing karena tingkahnya yang lucu, imut dan asik diajak bermain.  Tetapi tidak sedikit dari mereka yang memiliki alergi pada kucing.

Alergi pada kucing pada umumnya disebabkan oleh bulu kucing. Sistem kekebalan tubuh membaca adanya benda asing yang dianggap sebagai ancaman dan memicu timbulnya reaksi alergi.

Loading...

Gejala yang mungkin timbul sebagai reaksi alergi adalah bersin-bersin, batuk, gatal-gatal pada kulit, terkadang wajah membengkak, hidung tersumbat dan sesak nafas. Bahkan untuk kasus yang amat parah, alergi pada bulu kucing dapat membahayakan jiwa.

Kami berbagi cara mengatasi alergi pada kucing,  seperti yang dirangkum dari wikihow.com.

1. Tentukan satu ruangan (biasanya kamar tidur Anda) sebagai cat free atau daerah bebas kucing. Jangan biarkan kucing tidur di kamar Anda atau di bantal yang Anda gunakan untuk tidur.

2. Bersihkan tangan dengan sabun setelah selesai bermain dengan kucing Anda.

READ:  5 Tips Melawan Alergi Dingin

3. Saat bermain bersama kucing, sebaiknya kurangi kontak langsung dengan wajah kucing.

4. Sebaiknya bersihkan kucing Anda setiap hari dengan air hasil penyuulingan, karena ini akan menetralisir alergi pada bulu kucing.

5. Rajin-rajinlah membersihkan rumah atau apartement Anda.

6. Usahakan untuk memelihara satu kucing saja, karena jika terlalu banyak akan semakin besar peluang Anda untuk terkena alergi bulu kucing.

(photo: wallpaper76.com)