Inilah Efek Buruk Menggunakan Helm Yang Jarang Dicuci

efek jarang mencuci helmAdakah efek bila jarang mencuci helm?

Helm adalah perangkat yang wajib digunakan untuk pengendara motor jika akan bepergian. Helm berfungsi untuk menjaga keselamatan pengendara terhadap hal–hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Di Indonesia telah ditetapkan aturan di mana pengendara motor harus menggunakan helm berlogo SNI sebab lebih aman menurut standar keamanan yang berlaku.

Loading...

Walaupun demikian menggunakan helm tetap memiliki resiko apabila tidak dilakukan perawatan rutin terhadap helm milik Anda. Salah satu bentuk perawatannya yang benar adalah dengan rajin mencuci bagian dalam helm yang terbuat dari gabus. Sering kali kita hanya melakukan perawatan pada bagian luar helm saja.

Saat ini beberapa jenis helm baru sudah sangat mudah bila ingin dicuci sebab beberapa bagian gabus dalamnya bisa dilepas. Selain itu, sudah banyak jasa pencucian helm dengan harga terjangkau dan cepat selesai.

Namun bila Anda tetap malas membersihkan helm maka Anda akan terkena beberapa dampak buruk. Nah, apa saja dampak buruk bila helm jarang di cuci?

READ:  10 Persiapan Aman Untuk Berkendara Motor Jarak Jauh

1. Memicu Ketombe

Ketombe bisa muncul di kepala jika sering menggunakan helm yang kotor. Sebab kotoran kepala akan menempel dan menumpuk di dalam helm. Menghilangkan ketombe pada kepala termasuk sulit dan memakan biaya yang lumayan banyak.

2. Membuat Rambut Rontok

Helm yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang pertumbuhan bakteri dan virus yang dapat mengganggu kesehatan kulit kepala. Jika dibiarkan secara terus menerus maka dapat merusak bagian akar rambut sehingga menyebabkan kerontokan pada rambut.

3. Kulit Kepala Tidak Sehat

Kotoran pada helm dapat menempel pada kulit kepala dan menyebabkan timbulnya jamur pada kulit kepala dan pada akhirnya menimbulkan permasalahan pada rambut.

4. Menyebabkan Infeksi

Bakteri Staphylococcus epidermis adalah salah satu jenis bakteri yang biasanya hidup pada helm yang kotor. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi  dan menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Jadi bila Anda sering mengalami masalah pada kepala seperti ketombe, rambut rontok dan lain-lain, cobalah bersihkan helm Anda secara rutin.

READ:  3 Ciri-ciri dan Tanda Keguguran pada Ibu Hamil

(Photo : flickr.com)