Bagaimana Menggunakan “Zero Based Thinking” saat Membuat Keputusan Sulit

Zero Based ThinkingSaat harus membuat keputusan sulit

Konsep Zero Based Thinking digagas pertama kali oleh Brian Tracy–seorang penulis dan motivator ternama–yang memungkinkan Anda untuk berhenti sejenak atau bahkan menata lagi kehidupan dan pekerjaan Anda. Hal ini akan menghilangkan penundaan dan/atau bahkan menghentikan Anda ketika Anda melaju di jalur kehidupan yang salah.

Berpikir dengan cara Zero Based Thinking itu sangat menyegarkan. Karena dengan menggunakannya Anda akan mempunyai kesempatan “memulai hidup” Anda lagi. Mungkin ada hal-hal dalam hidup Anda yang tidak layak untuk dilanjutkan. Misalnya, pekerjaan yang membunuh kreativitas Anda, bisnis yang terus merugi, investasi yang arus kas nya negatif, dll. Hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan melakukan hal-hal yang suatu saat nanti akan Anda sesali.

Loading...

Berikut ini langkah-langkah menggunakan Zero Based Thinking ketika Anda diharuskan membuat keputusan sulit dalam kehidupan Anda.

1. Hadapilah Keputusan-keputusan Sulit Itu!

Zero Based Thinking membuat Anda harus mempertanyakan lagi keputusan-keputusan Anda di masa lalu–Karir, Bisnis, Investasi dll. Anda harus bertanya pada diri sendiri ” Apakah saya sudah membuat keputusan yang benar untuk bekerja di sini? Apakah bisnis yang saya jalani ini cocok dengan saya? Apakah uang saya ini ditanam pada investasi yang tepat?” Jika jawaban dari pertanyaan itu adalah “Tidak”, maka Anda harus berhenti melakukan semua itu. Anda harus memulai kembali semua dari nol untuk membuat hidup Anda lebih bahagia.

READ:  3 Hal Penting Bila Berbisnis Bersama Pasangan

2. Tahu Kapan Ada Sesuatu yang Tidak Beres

Zero Based Thinking diibaratkan GPS yang memberitahu bahwa Anda telah menyetir ke arah yang salah, kemudian Anda dituntun untuk menemukan jalan yang benar. Tidak peduli seberapa jauh Anda sudah tersesat, ketika Anda sadari bahwa itu adalah jalan yang salah, maka saat itu juga Anda harus segera memutar balik dan kembali lagi ke titik nol (Zero Based) kemudian mulai menapaki jalan yang  benar. “Tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu kebaikan”.

3. Membuat Keputusan untuk Berhenti

Jika Anda merasa tidak cocok dengan pekerjaan Anda, maka segeralah berhenti.. Begitu pula dengan bisnis, jika Anda merasa bisnis yang Anda jalani itu tidak sesuai dengan core competence Anda, maka hentikan bisnis Anda.

4. Pelajari Cara untuk Menghentikan Kerugian Anda

Dengan menggunakan Zero Based Thinking maka Anda melihat segala sesuatu dari “awal” dan “kemurnian” nya, sehingga Anda akan sadar bahwa bisnis Anda dalam jangka panjang tidak akan tumbuh. Maka segera tutup bisnis Anda itu untuk kemudian memulai bisnis baru yang memungkinkan Anda untuk membangun kekayaan Anda.

READ:  5 Rahasia Sukses Berbisnis Pulsa

5. Simpulkan dan Mulai Kembali

Setelah memikirkan semua hal dalam hidup Anda dari titik nol, maka saatnya Anda mengambil keputusan dan memulai kembali. Boleh jadi keputusan itu tidak dengan cara menutup bisnis Anda seluruhnya, tapi hanya mengganti strategi nya saja. Atau malah harus ditutup secara total. Apapun itu, yang penting adalah hasil perenungan di titik nol itu harus Anda jalankan agar hidup Anda lebih bahagia dan sejahtera.

(photo: noise.re)