Berapa Lama Waktu Yang Diperlukan Untuk Tidur?

waktu tidur yang dibutuhkanBerapa lama waktu tidur yang dibutuhkan?

Orang yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia biasanya diakibatkan dari bagaimana cara orang tersebut tidur dan apa yang dilakukannya pada siang hari.

Tak ada angka yang tepat untuk berapa lama waktu tidur yang pas bagi orang dewasa, tapi kebanyakan orang akan membutuhkan waktu selama 7 sampai 9 jam perharinya untuk beristirahat malam (tidur), beberapa di antaranya bahkan mengatakan mereka hanya tidur malam selama 6 jam. Tidur memang salah satu cara tubuh untuk beristirahat, namuan terlalu banyak tidur juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan baru. Misalnya, depresi dan gangguan kelelahan kronis.

Loading...

Akan tetapi, kurang tidur juga bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan. Seperti hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, bahwa orang yang kurang tidur secara konsisten beresiko lebih besar terkena tekanan darah tinggi, masalah kardiovaskular, meningkatkan resiko obesitas, diabetes dan depresi. Selain itu kurang tidur juga bisa mengganggu suasana hati dan konsentrasi sehingga orang bisa jadi lebih cepat marah.

READ:  5 Manfaat Bangun Pagi Bagi Manusia

Bila Anda merasa ada masalah pada tidur dan memutuskan untuk berkonsultasi pada dokter, maka dokter tidak akan serta merta memutuskan apa yang menjadi penyebab terjadinya gangguan pada tidur, karena mereka harus melihat kuantitas dan kualitas tidur Anda. Ketika yang dipertimbangkan adalah kualitas tidur, maka masalah lamanya waktu yang digunakan untuk tidur jadi dikesampingkan.

Disebut tidur berkualitas adalah ketika seseorang terbangun dari tidurnya, merasa bahwa tubuhnya jadi lebih segar, tidurnya nyenyak dan tidak sakit di kepala. Sedangkan disebut tidur tidak berkualitas adalah ketika seseorang sering terbangun ketika tidur, sering merasa tidak nyaman dan ketika bangun merasa sakit di kepalanya.

(photo: foxnews.com)