Apa itu Infeksi Naegleria?

infeksi naegleriaPeringatan  terkait adanya amuba penyebab infeksi naegleria

Infeksi Naegleria adalah infeksi langka pada otak dan biasanya fatal yang disebabkan oleh amuba yang umumnya ditemukan pada air tawar di danau, sungai dan sumber air panas. Paparan terjadi saat berenang atau melakukan olahraga air lainnya.

Simak artikel berikut untuk tahu gejala dan penyebabnya, dirangkum dari mayoclinic.com.

Loading...

Apa itu Infeksi Naegleria

Amuba tersebut – disebut Naegleria fowleri – naik ke hidung hingga ke otak, di mana hal itu menyebabkan kerusakan parah. Kebanyakan orang yang telah terinfeksi naegleria mati dalam waktu seminggu.

Jutaan orang yang terkena amuba yang menyebabkan infeksi naegleria setiap tahunnya, tetapi hanya sedikit dari mereka yang sakit karenanya. Para ahli kesehatan tidak tahu mengapa beberapa orang mengembangkan infeksi naegleria sementara yang lainnya tidak.

Infeksi Naegleria menyebabkan penyakit yang disebut amebic meningoencephalitis. Penyakit ini menyebabkan peradangan otak dan kerusakan jaringan otak.

Tanda-Tanda dan Gejala Infeksi Naegleria

Umumnya mulai dari dua sampai 15 hari setelah terpapar oleh amuba, tanda-tanda dan gejala infeksi naegleria dapat meliputi:

READ:  Kontroversi Tembaga dan Alzheimer

– Perubahan indra bau atau rasa
– Demam
– Sakit kepala mendadak
– Leher kaku
– Kepekaan terhadap cahaya
– Mual dan muntah
– Kebingungan
– Kehilangan keseimbangan
– Kantuk
– Kejang
– Halusinasi

Tanda-tanda dan gejala dapat berkembang dengan cepat. Mereka biasanya menyebabkan kematian dalam waktu seminggu.

Penyebab Infeksi Naegleria

Infeksi Naegleria disebabkan oleh amuba Naegleria fowleri, yang umumnya ditemukan di tubuh hangat air tawar di seluruh dunia, biasanya selama bulan-bulan musim panas. Amuba ini juga kadang-kadang ditemukan di dalam tanah. Amuba memasuki tubuh melalui hidung, melalui air yang terkontaminasi atau debu, dan naik hingga ke otak Anda melalui saraf yang mengirimkan indra penciuman.

Amuba ini tidak menyebar dari orang ke orang atau dengan minum air yang terkontaminasi. Dan jika dibersihkan dan didesinfeksi dengan benar, kolam renang tidak akan mengandung amuba naegleria.

(photo: tumblr.com)