Kandungan Biji Bunga Matahari Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Biji bunga matahariBiji bunga matahari

Seperti yang Anda tahu biji bunga matahari atau kuaci telah menjadi salah satu cemilan yang sehat untuk dikonsumsi, kebanyakan orang mengkonsumsi cemilan ini saat sedang dalam perjalanan. Tetapi tahukah Anda apa saja yang terkandung dalam biji bunga matahari?

Biji bunga matahari ternyata mengandung vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Berikut kandungan biji bunga matahari seperti yang dikutip dari whfoods.com.

Loading...

1. Vitamin E.

Vitamin E mengandung antioksidan larut dalam lemak sehingga dapat  menetralisir radikal-radikal bebas. Dalam biji bunga matahari terkandung vitamin E yang samgat berguna untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh, mengatasi masalah stres, meningkatkan kesuburan, memperkecil timbulnya resiko kanker, penyakit jantung koroner dan sangat baik untuk kulit.

2. Magnesium.

Magnesium adalah mineral yang dibutukan oleh beberapa bagian dalam tubuh termasuk tulang, 60 persen magnesium dalam tubuh kita terdapat di pada tulang, 26 persen ada di otot. Magnesium dapat mengurangi keparahan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah sakit kepala migrain, serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Magnesium juga diperlukan untuk kesehatan tulang dan produksi energi. Sekitar dua-pertiga dari magnesium dalam tubuh manusia ditemukan dalam tulang kita.

READ:  Vitamin E Dapat Menyokong Jantung Bekas Perokok

3. Selenium.

Selenium adalah salah satu mineral penting untuk tubuh. Mineral diperlukan hanya dalam jumlah yang kecil tetapi manfaat yang diberikan sangat besar. Selenium dibutuhkan untuk proses reproduksi, membantu menjaga kesehatan otak, memelihara sistem kekebalan tubuh dan membantu memperbaiki mood. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Karena itu biji bunga matahari termasuk cemilan sehat karena dapat menyediakan selenium yang sangat diperlukan oleh tubuh Anda.

4. Vitamin B-1

Vitamin B termasuk dalam  kelompok vitamin dapat larut dalam air yang berperan penting dalam proses metabolisme sel.  Vitamin B dapat melindungi dari penyakit beri-beri, gagal jantung,katarak, dan Alzheimer. Vitamin B-1 terdapat dapat  gandum atau sereal yang diperkaya dan beras dan kacang-kacangan.

5. Triptofan

Triptofan salah satu dari 10 asam amino esensial yang digunakan tubuh untuk mensintesis protein yang dibutuhkan. Tryptophan memiliki dua fungsi penting. Pertama, triptofan yang kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi (sekitar 3%) diubah menjadi niasin (vitamin B3) yang berguna untuk hati. Konversi ini dapat membantu mencegah gejala yang terkait dengan kekurangan niacin ketika asupan vitamin ini rendah. Kedua,  berfungsi mengatur nafsu makan, pola tidur, dan suasana hati. Karena kemampuannya untuk meningkatkan kadar serotonin, triptofan telah digunakan terapi dalam pengobatan  insomnia, depresi, dan kecemasan.

READ:  Manfaat Mengkonsumsi Biji Bunga Matahari

6. Fosfor

Fosfor adalah mineral yang membentuk 1% dari total berat badan seseorang. Mineral ini terdapat pada setiap sel tubuh, tetapi sebagian besar terdapat dalam tulang dan gigi. Fungsi utama mineral ini adalah untuk pembentukan tulang dan gigi serta fosfor juga bekerja dengan vitamin B yang dapat membantu  membantu kontraksi otot,  fungsi ginjal, menjaga detak jantung agar tetap stabil , dan konduksi saraf.

 (photo: thebotanicalbaker.wordpress.com)