Apa Penyebab Buang Air Besar Berdarah?

Apa Penyebab Buang Air Besar BerdarahTERUSKAN.COM – Berdarah saat melakukan buang air besar biasanya dialami oleh orang-orang yang lanjut usia, tetapi hal ini juga bisa terjadi pada semua kalangan baik pria maupun wanita.

Anda mungkin menganggap BAB berdarah bukan  hal yang harus ditakuti dan dapat disembuhkan dengan cepat, tetapi sebenarnya hal ini dapat membahayakan kesehatan Anda jika dibiarkan terlalu lama.

Penyebab BAB Berdarah

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya pendarahan ketika buang air besar, seperti tumbuhnya kanker di dalam usus besar (kolon) dan rektum (bagian ujung usus besar yang menyimpan najis) atau dubur.

Penyebab lainnya adalah wasir, luka di kawasan dubur, luka di sekitar rektum,  lubang kecil yang bersebelahan dengan dubur yang mungkin pernah bisul dan polip.

Selain itu penyebab lain pendarahan ketika buang air besar ialah ischaemic colitis yaitu radang usus besar disebabkan kurangnya cadangan darah ke usus, radiation proctitis (radang/bengkak rektum disebabkan sesudah perawatan radioterapi) serta pendarahan yang terjadi pada usus besar.

Buang air besar berdarah dikategorikan menjadi dua, pertama jika darah bercampur dengan najis maka hal ini disebabkan karena lapisan mukosa usus besar sehingga dapat menyebabkan kanker, bengkaknya usus, polip dan lubang divertikulum di dalam usus besar. Tetapi Jika pendarahan terjadi setelah keluarnya kotoran, hal ini mungkin disebabkan karena wasir.

Tips Menghindari BAB Berdarah

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari terkena buang air besar berdarah yaitu :

  1. Mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti daun selada, seledri, pare, bayam, sawi hijau, labu, ketimun.
  2. Perbanyaklah minum air putih. Usahakan lakukan 8 gelas perhari untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda di samping untuk memperlancar buang air besar dan istirahat yang cukup.
  3. Minum susu juga baik untuk memperlancar buang air besar jika Anda tidak sempat mengkonsumsi makanan berserat. Baiknya Anda padukan susu dengan makanan yang berserat seperti sayuran.
  4. Jangan menahan saat ingin buang air besar dan kecil karena ini akan mengakibatkan penyakit ambeien sehingga kemungkinan besar akan berdarah saat buang air besar. Selain itu pada saat buang air besar usahakan tidak terlalu mengedan.
  5. Hindari mengkonsumsi cabe secara berlebihan, karena ini akan mengakibatkan timbulnya penyakit wasir atau ambeien.
Demikianlah artikel tentang penyebab dan cara menghindari buang air besar (BAB) berdarah. Semoga bermanfaat.

Topik Terkait: , , ,

43 Komentar

  1. dok . saya sudah 2hari kalo bab disertai darah . kalo duduk pantat rasa nya ga enak . apakah saya ambeyen/wasir ??

  2. Dok saya mau tny..
    pd saat buang air besar biasanya buang angin tp di sertai darah segar yg mengalir, kemudian perut msh terasa mulas bab lah kecil” tp di sertai darah segar jg..
    tidak berlangsung lama sdh tdk keluar darah karena perut sdh tidak sakit..
    Saya jg tidak mrsakan ciri” wasir atau ambien..
    kira” saya knp yaa dok..

  3. dok saya bab berdarah tapi gk sakit?? umur saya baru 13 thn.. dan saya bab berdarahnya berlebihan..saya takut dok..

  4. terimaksih ya dok atas tips nya…. tipsnya sangat menolong saya

  5. tadi pagi saya BAB, nah setiap kali BAB saya gk pernah liat tu E’ek ( karna jijik ) tapii tadi tnpa sengaja saya liat, kenapa warnanya merah??
    nama nya juga baru bngun tidur, ya aku langsung cuci muka, setelah jelas terlihat ada darah dicampuran BAB ku, aku kanget takut dan shock. gmna ya dok

  6. Sya pup berdarah bercampur najis,tdnya suka menahan pup itu knp yah?

  7. Saya pup sambil ada darahnya itu knp yah? Td nya sya selalu menahan ketika ingin pup lalu ketika pup keluarnya besar,apa lecet atau gmn??

  8. tapi umur saya masih 13thn

  9. saya Bab berdarah dan bercampur najis apa benar saya kanker

  10. retnodiaz says:

    Dok saya mau nanya kalau obat BAB berdarah apa iya dok,…

  11. DOK,,dalam satu minggu ini saya BAB di sertai darah segar dan mengucur keluar tanpa mengejan.tp saya tidak merasakan sakit apa2,lemas/mulas pun tidak.

    kira saya sakit apa ya dok.

    apa yang saya lakukan.

  12. Maethun says:

    Dok saya klau bab kluar darah tpi ngak sakit,sya takut,bagai mana cra pengobtanya dok?

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>