Apa Penyebab Buang Air Besar Berdarah?

Apa Penyebab Buang Air Besar BerdarahTERUSKAN.COM – Berdarah saat melakukan buang air besar biasanya dialami oleh orang-orang yang lanjut usia, tetapi hal ini juga bisa terjadi pada semua kalangan baik pria maupun wanita.

Anda mungkin menganggap BAB berdarah bukan  hal yang harus ditakuti dan dapat disembuhkan dengan cepat, tetapi sebenarnya hal ini dapat membahayakan kesehatan Anda jika dibiarkan terlalu lama.

Penyebab BAB Berdarah

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya pendarahan ketika buang air besar, seperti tumbuhnya kanker di dalam usus besar (kolon) dan rektum (bagian ujung usus besar yang menyimpan najis) atau dubur.

Penyebab lainnya adalah wasir, luka di kawasan dubur, luka di sekitar rektum,  lubang kecil yang bersebelahan dengan dubur yang mungkin pernah bisul dan polip.

Selain itu penyebab lain pendarahan ketika buang air besar ialah ischaemic colitis yaitu radang usus besar disebabkan kurangnya cadangan darah ke usus, radiation proctitis (radang/bengkak rektum disebabkan sesudah perawatan radioterapi) serta pendarahan yang terjadi pada usus besar.

Buang air besar berdarah dikategorikan menjadi dua, pertama jika darah bercampur dengan najis maka hal ini disebabkan karena lapisan mukosa usus besar sehingga dapat menyebabkan kanker, bengkaknya usus, polip dan lubang divertikulum di dalam usus besar. Tetapi Jika pendarahan terjadi setelah keluarnya kotoran, hal ini mungkin disebabkan karena wasir.

Tips Menghindari BAB Berdarah

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari terkena buang air besar berdarah yaitu :

  1. Mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti daun selada, seledri, pare, bayam, sawi hijau, labu, ketimun.
  2. Perbanyaklah minum air putih. Usahakan lakukan 8 gelas perhari untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda di samping untuk memperlancar buang air besar dan istirahat yang cukup.
  3. Minum susu juga baik untuk memperlancar buang air besar jika Anda tidak sempat mengkonsumsi makanan berserat. Baiknya Anda padukan susu dengan makanan yang berserat seperti sayuran.
  4. Jangan menahan saat ingin buang air besar dan kecil karena ini akan mengakibatkan penyakit ambeien sehingga kemungkinan besar akan berdarah saat buang air besar. Selain itu pada saat buang air besar usahakan tidak terlalu mengedan.
  5. Hindari mengkonsumsi cabe secara berlebihan, karena ini akan mengakibatkan timbulnya penyakit wasir atau ambeien.
Demikianlah artikel tentang penyebab dan cara menghindari buang air besar (BAB) berdarah. Semoga bermanfaat.
Topik Terkait: , , ,
31 comments
retnodiaz
retnodiaz

Dok saya mau nanya kalau obat BAB berdarah apa iya dok,...

LIA
LIA

DOK,,dalam satu minggu ini saya BAB di sertai darah segar dan mengucur keluar tanpa mengejan.tp saya tidak merasakan sakit apa2,lemas/mulas pun tidak. kira saya sakit apa ya dok. apa yang saya lakukan.

Maethun
Maethun

Dok saya klau bab kluar darah tpi ngak sakit,sya takut,bagai mana cra pengobtanya dok?

Efrizal gucy
Efrizal gucy

Dok saya setiap bab selalu berdarah dan berlendir merah dan saat bab dubur saya nonjol kira2 1cm...apa itu ambeien atau apa gimana cara ngobatinya...thank's.

roro dimahardika put
roro dimahardika put

BAB ngeluarin darah .. jadi itu semua pnyebapnya.. Ya ampun .. mudah mudahan aj gak parah dan untuk smua moga cepat sembuh ya.. selalu awali hidup dengan cara sehat

aninmal
aninmal

Sya ssah buang air bsar dok ..solusi ny ap

srie.suyani
srie.suyani

Tolong dong 2 hr blkangan sy BAB tapi kok disertai bercak darah kenapa yah dok !?

yustin
yustin

Dok udah 2 hari ??? aq BAB tpi kok keluar darah ya...?? Trus darahnya banyak seperti orang L?????G????????­?? datang bulan...??

suci wulandari
suci wulandari

Dok, udah lama beberapa taun kebelang saya pernah bab berdarah sebanyak 3kali, stelah sekian lama beberapa bulan kebelakang saya sakit dok ampir 2 minggu anehnya setiap malam pas demamnya, dan pegalpegal semua badan, posisi tidurpun miring saja bentar sakit sekali dok pegalnya, sebelum sembuh saya babnya cair dan berbusa dok. Setelah sembuh saya belum juga haid dok selama 2 bulan ini, harusnya tanggal lima bulan maret saya sudah haid tapi sampai sekarang belum juga dok, dan kembali setelah sembuh beberapa minggu kemudian kurang lebih 2minggu yg lalu saya bab berdarah dok, soalnya sbelum bab berdarah saya makan pedas makan baso banyak sekali cabenya dok, tapi cukup sekali bab berdarah itu, sekarang tadi malam saya bab berdarah lagi dok karena kemaren saya makannya sembarangan tidak makan nasi, hanya makan mie pagipaginya siang makan keripik pedas, sorenya makan cilok juga pedas malemnya makan baso pedas juga, alhasil saya bab berdarah lagi dok. Selain itu saya ada benjolan dianus tapi saya tidak merasa sakit dan itu benjolan sudah beberapa tahun kebelakang, jujur saya tidak pernah pergi ke dokter karena dirumah percayanya pada obat herbal, selama saya sakit saya hanya minumminuman obat herbal, seperti cacing kalung yg dicampur gula merah, dedaunan, seperti itu dok. Mungkin kalo boleh sarannya dok ? Dan apakah saya belum haid hampir 3bulan ini ada kaitannya dengan saya sakit dan bab berdarah dok ? (hari ini saya belum bab lagi dok, dan mudhmudhan hari ini sudah tidak bab berdarah lagi) Mohon jawabannya yaah dok, terimakasih :)

alexanders
alexanders

Dok....saya mau nanya dok...saya kalo BAB selalu keluar darah dok,darahnya netes terus menerus kayak kita luka kena pisau dok....kadang-kadang banyak,kadang sedikit,kadang berhenti....yang seperti ini udh lama saya deritakan dok udah dua tahun...itu karena apa ya dok...?

khairul rizki
khairul rizki

Pak dokter. Tadi kan saya BAB, tros tba-tiba keluar tinja sma darah,darah nya kental sagat dok,yg ª?a?? saya mkan telur dadar tpi pkek cabe dan tambah pkek sambal. yg jdi ptayaan saya.? Apa btol gra2 mka mkanan itu bab sya kluar darah,klau btol apa sih obat yang bisa menyembuh kan bab saya..? Mohon d jwab dok ae,terima kasih

mita
mita

Dok saya BAB sering keluar darah,setelah kotoran keluar darah sering menyusul seperti terdapat luka di dalam anus,baiknya saya melakukan apa dok?saya sudah berobat kedokter terdekat namun obat yang diberikan hanya meredahkan bukan menyembuhkan

topik
topik

Dok stiap setelah bab menetes darah itu kenapa ya

imel
imel

aku bermasalah dengan BAB berdarah, tapi tidak bercampuran dengan kotoran darahnya seperti menceret. dolong dok bagaimana cara mengobatinya

lestary gea
lestary gea

dok, knp ea asal buang air besar keluar darah,,anehy darah bercampur lendir,,,itu kira2 krn apa ea dok?? trus gmn cara mengatasinya.?/

deny
deny

Dock saya berak2 tapi berair Sarah ITU penyebab nya APA ya dock?

indri nurzanah
indri nurzanah

Dok Habis kesetrum di PT jadi buang air bsar berdarah,makan gx mrasa,lemas n perut mual2 dok.. Mnta solusi&obat tradisional nya dok

lia sarah
lia sarah

setiap bab psti ngeluarin darah

Rifdan afsiandi
Rifdan afsiandi

dok perut suka terasa mules tp klo BAB susah keluarnya dan justru yg keluar dukluan darah berlendir. Kenapa ya dok ?

dhabog
dhabog

dok perut saya sakit bawa.an nya mules2 aja tpi tdk BAB. Skali nya BAB keras (susah) dan di barengin keluar darah kental berlendir . Itu knpa ya dok?

iim
iim

saya, BAB berdarah semenjak 1 bulan lalu, setiap kali habis makan, 5 menit kemudian pasti saya harus ke toilet utk BAB itu knpa ya ???

yudi
yudi

aq berak berdarah tp gak terasa sakit...it gmna

anggi mahesa
anggi mahesa

Pusing kepala keluar darah saat berak dok?

Gurdani Saputra
Gurdani Saputra

Dok saya tadi berak berdarah darah nya segar dok tapi tidak banyak dan darah nya kental dok kira kira apa penyebab nya dok

wahyu
wahyu

dok saya tdi berak darah dok. Tpi gak trlalu merah jga darahnya. Klo berak jga gak terlalu sakit, tpi klo saya minum obat super te*tra 2 hari kemudian darahnya udah gk keluar lge dok,! Itu gejala apha yah dok.?

AGUNG
AGUNG

BUANG AIR BESAR PERUT TERASA PANAS

jhon
jhon

makanya yang dimakan jangan beling ahirnya darah deh yang keluar, pasir masih ada bah..

Trackbacks

  1. […] Apa Penyebab Buang Air Besar Berdarah? – Teruskan.com … […]

  2. [...] Mengejan berlebihan saat buang air besar [...]

  3. [...] semua orang menganggap BAB berdarah adalah disebabkan oleh wasir atau hemoroid. Anggapan ini keliru karena perdarahan saat BAB juga [...]