Apa Penyebab Buang Air Besar Berdarah?

penyebab bab berdarah

Berdarah saat melakukan buang air besar biasanya dialami oleh orang-orang yang lanjut usia, tetapi hal ini juga bisa terjadi pada semua kalangan baik pria maupun wanita.

Anda mungkin menganggap BAB berdarah bukan  hal yang harus ditakuti dan dapat disembuhkan dengan cepat, tetapi sebenarnya hal ini dapat membahayakan kesehatan Anda jika dibiarkan terlalu lama.

Penyebab BAB Berdarah

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya pendarahan ketika buang air besar, seperti tumbuhnya kanker di dalam usus besar (kolon) dan rektum (bagian ujung usus besar yang menyimpan najis) atau dubur.

Penyebab lainnya adalah wasir, luka di kawasan dubur, luka di sekitar rektum,  lubang kecil yang bersebelahan dengan dubur yang mungkin pernah bisul dan polip.

Selain itu penyebab lain pendarahan ketika buang air besar ialah ischaemic colitis yaitu radang usus besar disebabkan kurangnya cadangan darah ke usus, radiation proctitis (radang/bengkak rektum disebabkan sesudah perawatan radioterapi ) serta pendarahan yang terjadi pada usus besar.

Buang air besar berdarah dikategorikan menjadi dua, pertama jika darah bercampur dengan najis maka hal ini disebabkan karena lapisan mukosa usus besar sehingga dapat menyebabkan kanker, bengkaknya usus, polip dan lubang divertikulum di dalam usus besar. Tetapi Jika pendarahan terjadi setelah keluarnya kotoran, hal ini mungkin disebabkan karena wasir.

Tips Menghindari BAB Berdarah

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari terkena buang air besar berdarah yaitu :

1. Mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti daun selada, seledri, pare, bayam, sawi hijau, labu, ketimun.

2. Perbanyaklah minum air putih. Usahakan lakukan 8 gelas perhari untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda di samping untuk memperlancar buang air besar dan istirahat yang cukup.

3. Minum susu juga baik untuk memperlancar buang air besar jika Anda tidak sempat mengkonsumsi makanan berserat. Baiknya Anda padukan susu dengan makanan yang berserat seperti sayuran.

4. Jangan menahan saat ingin buang air besar dan kecil karena ini akan mengakibatkan penyakit ambeien sehingga kemungkinan besar akan berdarah saat buang air besar. Selain itu pada saat buang air besar usahakan tidak terlalu mengedan.

5. Hindari mengkonsumsi cabe secara berlebihan, karena ini akan mengakibatkan timbulnya penyakit wasir atau ambeien.

(photo: ncsdconnection.com)

23 Komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *