Benarkah Bunga dan Lebah Bisa Saling Berkomunikasi?

lebah dan bunga berkomunikasiBagaimana cara lebah dan bunga berkomunikasi?

Menurut hasil riset terbaru yang dilakukan oleh Bristol University di Science Express yang juga telah dipublikasikan, ternyata tak hanya manusia yang bisa ‘berbicara’ dengan sesamanya, tapi juga lebah dengan bunga. Lalu, bagaimana cara bunga dan lebah berkomunikasi?

Lebah merupakan salah satu hewan yang membantu penyerbukan bunga sehingga pembuahan bisa terjadi. Lebah juga bisa membedakan sinyal–sinyal listrik yang diberikan bunga.

Loading...

Seperti yang dikuti dari telegraph.co.uk, bunga bisa menghasilkan warna terang dan aroma yang bisa menarik lebah untuk menghinggapinya, selain itu bunga juga menghasilkan sinyal listrik yang hampir mirip dengan lampu neon yang berguna untuk memberikan informasi pada serangga.

Pada umumnya bunga dan tumbuhan memiliki aliran listrik yang negatif dan lebah memiliki aliran listrik positif saat mereka terbang. Dengan meletakkan elektroda pada batang bunga pada saat mereka hinggap, bunga akan memiliki bekas dan bertahan hingga beberapa saat.

Nah, menurut peneliti, inilah cara mereka memberi tahu lebah–lebah lain bahwa sebelumnya ada lebah yang telah datang. Selain itu, ketika dilakukan tes warna pada lebah dengan menggunakan gelombang listrik, mereka juga telah bisa membedakan antara 2 warna tersebut.

READ:  Inilah Minuman Yang Bisa Mencegah Anda Jadi Pikun!

Para peneliti menduga bahwa bulu pada tubuh lebah memiliki aliran listrik statis sama halnya seperti ketika rambut manusia digosokkan pada penggaris mika atau mendekatkannya pada layar TV.

(photo: sathiyam.tv)