5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Saat Kena Flu

gejala fluSering bersin-bersin, akan membuat merasa Anda tidak nyaman

Cuaca yang sering berubah–ubah kadang membuat pertahanan tubuh jadi lemah dan gampang jatuh sakit. Virus yang menyerang pada umumnya membuat kita terkena flu.  Sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin akan membuat Anda merasa kesal dan tidak nyaman.

Nah, bila Anda salah satu orang sering kena flu atau bahkan sedang terkena flu, lakukan tips berikut ini!

Loading...

1. Perhatikan tanda–tanda yang diberikan tubuh Anda. Tenggorokan terasa gatal, bersin berulang kali dan sakit di kepala. Ya, itu adalah tanda bahwa Anda akan terkena flu. Jangan menganggap remeh. Meskipun flu biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tapi tentu hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

2. Saat terkena flu, jangan buru–buru meminum obat antibiotik, cara lain cobalah mengambil lozenges yang mengandung zinc dan acetate atau zinc gluconate, konsumsilah per dua jam sekali. Ini akan membantu meredakan atau mengurangi rasa gatal pada leher.

3. Sup ayam! Makanan berkuah ini akan sangat membantu mengurangi gejala pilek atau flu. Banyaknya sayuran yang menjadi bahan sup tentu akan cukup memenuhi kebutuhan vitamin tubuh. Selain itu kuah sup yang segar akan membuat tubuh kembali bersemangat.

READ:  Manfaat Mengkonsumsi Rumput Laut

4. Vitamin C. Dengan mengkonsumsi vitamin C secara rutin setiap hari berarti Anda juga mengurangi resiko terkena flu sampai dengan 8%. Kebutuhan tubuh akan vitamin C perhari adalah 1000mg per hari.

5. Istirahat yang cukup. Tubuh yang pertahanannya lemah pertanda bahwa kurang asupan makanan dengan nutrisi yang cukup dan kurang istirahat. Kalaupun sudah terlanjur terkena flu, istirahat dan jangan paksakan untuk bekerja maupun beraktifitas karena hal itu justru akan membuat tubuh menjadi semakin lemah.

Semoga cepat sembuh ya dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh karena kesehatan adalah aset yang sangat berharga.

(photo: minskole.no)