Inilah Dampak Buruk Sering Minum Minuman Bersoda

minuman bersodaMinuman bersoda

Siapa yang tidak suka dengan minuman bersoda? Rasanya yang manis dan menyegarkan membuatnya digemari oleh jutaan orang di seluruh dunia. Biasanya orang mencari minuman bersoda saat cuaca terik untuk menghilangkan rasa dahaga. Minuman bersoda mudah ditemukan di warung–warung terdekat dengan harga yang relatif murah.

Nah apa yang terjadi jika kita sering minum minuman bersoda?

Loading...

1. Menyebabkan Kegemukan

Di Amerika serikat beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minuman bersoda adalah salah satu penyebab seseorang mengalami kegemukan atau obesitas. Penelitian ini bisa dibenarkan mengingat dahulu sebelum minuman bersoda banyak dikonsumsi orang, ternyata sangat jarang kita temukan orang yang mengalami obesitas.

2. Membahayakan Ginjal

Di Amerika serikat dilakukan penelitian dengan menggunakan 3256 responden yang mengonsumsi minuman bersoda minimal 2 kali sehari,  ternyata 30 % diantaranya mengalami kerusakan ginjal dan penurunan fungsi ginjal. Menurut para peneliti hal ini diakibatkan oleh minuman bersoda yang mengandung pewarna buatan, pemanis buatan, asam fosfat dan kafein.

3. Cepat Tua

Orang yang banyak mengonsumsi minuman bersoda  akan mengalami penuaan dini. Hal ini didukung oleh penelitian di Universitas Harvard tahun 2010 menemukan bahwa kandungan mineral fosfat di dalam minuman bersoda dapat mempercepat penuaan pada tikus.

READ:  6 Tips Sederhana Memanjakan Diri Sepulang Kerja

4. Menyebabkan Osteoporosis

Osteoporosis adalah keadaan dimana tulang menjadi rapuh dan keropos. Penelitian di Tufts University di Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi minuman bersoda ternyata meningkatkan resiko terkena osteoporosis. Hal ini diakibatkan oleh kandungan asam fosfat yang terdapat pada minuman bersoda dapat mengganggu keseimbangan kalsium untuk pertumbuhan tulang yang kuat.

4. Resiko Serangan Jantung

Dari hasil penelitian di University of Miami ternyata orang yang mengonsumsi 1 kaleng minuman bersoda setiap hari ternyata memiliki kemungkinan hingga 61% bisa terkena kardiovaskuler. Sehingga memiliki resiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke.

Ternyata minuman saat ini banyak membahayakan diri manusia. Ada baiknya kita kembali rajin mengkonsumsi air putih yang terbukti lebih sehat.

(Photo : tribunnews.com)