Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

buah tomatBuah tomat merah

Apa manfaat buah tomat? Anda mungkin sering mengkonsumsi buah tomat melalui masakan ibu atau pada sambal buatannya. Selama ini fungsi tomat hanyalah digunakan sebagai bumbu dapur, namun belakangan sudah banyak yang memanfaatkan buah tomat untuk perawatan kecantikan terutama pada wanita.

Tomat memiliki nama latin Solanum lycopersicum L ini berasal dari wilayah Amerika Latin, namun kini tomat mudah tumbuh dan ditemukan hampir diseluruh dunia termasuk Indonesia.

Loading...

Nah apa saja manfaat buah tomat untuk kesehatan?

1. Melindungi diri dari UV

Kandungan lycopene didalam buah tomat adalah antioksidan alami yang paling kuat. Zat ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari sinar UV yang sangat berbahaya.

2. Melawan sel kanker

Jika Anda sedang terkena gejala kanker maka sebaiknya perbanyak konsumsi tomat, sebab kandungan lycopen d idalam buah tomat dapat membantu melindungi DNA di dalam sel darah putih sehingga dapat memperkuat kekebalan tubuh dalam melawan kanker.

3. Mengandung energi

Setiap makanan mengandung energi yang dibutuhkan oleh manusia. Tetapi mengkonsumsi buah tomat dapat membantu mengatasi kelelahan dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi.

READ:  Tips dan Cara Menanam Tomat di Pekarangan Rumah

4. Menjaga kesehatan

Mengkonsumsi jus tomat setiap hari dapat membantu menjaga sel–sel tubuh dari kerusakan. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A dan C di dalam buah tomat  yang dapat menghancurkan virus di dalam aliran darah.

5. Mencegah serangan jantung

Saat mengonsumsi buah tomat sebaiknya Anda ikut makan bersama bijinya. Sebab dari hasil penelitian di  Rowett Research Institute yang berlokasi di Aberdeen, Skotlandia mengatakan bahwa  kandungan lendir kuning pada biji tomat dapat membantu melawan penyakit jantung dan stroke.

6. Menghaluskan kulit wajah

Kandungan karoten dan vitamin C di dalam buah tomat dapat membantu menghaluskan kulit wajah. Caranya dengan membuat masker dari tomat berwarna merah tua.

7. Melindungi Perokok

Karsinogen banyak mengancam para perokok aktif, namun dengan banyak mengonsumsi buah tomat dapat membantu melawan beberapa karsinogen yang disebabkan oleh asap rokok. Hal ini disebabkan tomat mengandung asam chlorogenic dan asam coumaric.

Masih ada banyak sekali manfaat buah tomat untuk kesehatan manusia, jadi jangan bosan untuk terus mengkonsumsi buah tomat.

READ:  6 Latihan Terbaik Serta Manfaatnya Untuk Tubuh

(Photo : wisnuvegetarianorganic.wordpress.com)