Apa itu Skizofrenia?

SkizofreniaSkizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan otak kronis, parah, dan melumpuhkan yang telah mempengaruhi orang sepanjang sejarah. Skizofrenia merupakan penyakit mental yang biasanya menyerang pada akhir masa remaja atau awal dewasa, tapi bisa menyerang setiap saat dalam kehidupan.

Tanda-tanda dan gejala bervariasi dari individu ke individu, tetapi semua orang dengan gangguan ini menunjukkan satu atau lebih dari gejala berikut, dikutip dari hopkinsmedicine.org.

Loading...

1. Delusi.

Ini adalah keyakinan yang tidak benar, seperti perasaan ada orang yang mengikuti atau mencoba untuk menyakiti mereka, percaya orang lain bisa membaca pikiran mereka, atau keyakinan bahwa mereka memiliki kekuatan atau kemampuan khusus.

2. Halusinasi.

Ini biasanya dalam bentuk mendengar suara-suara yang sebenarnya tidak ada, tapi orang-orang dengan skizofrenia juga dapat melihat, membau, dan merasa hal-hal yang tidak ada.

3. Perilaku aneh.

Ini dapat diekspresikan dalam berbagai cara. Singkatnya, individu berperilaku dengan cara yang tampaknya tidak tepat atau aneh bagi orang lain.

4. Bicara tidak teratur.

Individu berbicara dengan cara yang sulit dimengerti. Misalnya, kalimat yang mungkin tidak masuk akal, atau perubahan topik pembicaraan atau tidak ada koneksi antara kalimat.

READ:  7 Rahasia Cegah Penuaan Dini

5. “Gejala Negatif”

Ini termasuk kurangnya motivasi atau kepentingan, fungsi kognitif berkurang, dan penurunan ekspresi emosional. Individu mungkin kehilangan minat terhadap kebersihan pribadi mereka sendiri, memiliki sedikit ketertarikan dalam berinteraksi dengan orang lain, dan jarang merasa atau mengekspresikan emosi yang kuat.

Selain gejala di atas, orang dengan skizofrenia mengalami penurunan tingkat kemampuan, misalnya, mereka tidak mungkin bisa bekerja dalam pekerjaan yang memerlukan tingkat keterampilan atau konsentrasi yang sama dengan pekerjaan mereka sebelum mengidap penyakit, atau mereka mungkin kehilangan semua kemampuan untuk menahan tekanan dari dunia kerja.

Mereka mungkin menunjukkan penurunan dalam mengurus pekerjaan rumah tangga atau membesarkan anak-anak mereka, dan/atau mereka mungkin tidak mampu memiliki kehidupan sosial sepenuhnya lagi.

Sama halnya dengan gejala yang berbeda, pengobatan yang efektif untuk setiap orang juga berbeda.

(photo: yllpress.com)