Waspadai Kanker Kolorektal di Usia Muda!

junk food memicu kankerKebiasaan mengkonsumsi junk food memicu kanker kolorektal

Meskipun reputasinya adalah sebagai penyakit orang tua, kanker kolorektal meningkat di kalangan anak muda.

Munculnya kebiasaan makan yang buruk dan kurangnya olahraga menjadi isu berita sekarang ini dan, sebagai akibatnya, banyak penyakit yang secara tradisional mempengaruhi orang tua sekarang muncul pada yang muda. Salah satu contoh mengejutkan adalah kanker kolorektal, dokter melihat peningkatan kasus di kalangan orang muda di bawah usia 50, yang merupakan usia yang khas untuk memulai screening.

Loading...

“Tidak ada yang tahu mengapa,” kata Sandy Fang, MD, seorang ahli bedah kolorektal di Johns Hopkins, “tapi mungkin kombinasi dari banyak hal.” Poin Fang untuk penyebab banyak faktor resiko yang mungkin: riwayat keluarga kanker kolorektal, penyakit radang usus, pola dan gaya hidup seperti diet rendah serat, asupan daging merah berlebihan, obesitas dan kurang olahraga.

Fang mendesak orang-orang yang memiliki gejala-gejala kanker kolorektal, terlepas dari usia mereka, untuk menjadi proaktif dengan perawatan mereka.

Meminimalkan Resiko

Kebanyakan pria dan wanita mendapatkan colonoscopy screening pertama mereka untuk kanker kolorektal pada usia 50. Namun demikian, faktor-faktor tertentu dapat menempatkan orang-orang muda lebih beresiko dan memerlukan pemeriksaan sebelumnya, dikutip dari hopkinsmedicine.org:

– Pendarahan rektal, sakit perut, diare, perubahan dalam buang air besar, atau anemia. Bicaralah dengan dokter Anda tentang kapan untuk memulai screening.
– Orang dengan riwayat keluarga kanker kolorektal. Mulai screening 10 tahun sebelum diagnosis dari anggota keluarga termuda yang terkena dampak.
– Sindrom Lynch. Jika Anda berada pada resiko kanker dari saluran pencernaan yang menurun ini, mulailah colonoscopy pada usia 21 tahun dan terus berlanjut setiap satu sampai tiga tahun.
Familial adenomatous polyposis. Penyakit ini ditandai dengan pertumbuhan jinak yang mungkin akan berkembang menjadi kanker. Dapatkan colonoscopy setiap satu atau dua tahun, dimulai pada awal masa remaja.

READ:  Apa itu Teknik MRI Inovatif?

(photo: medicmagic.net)