Cara Mengatasi Jerawat Dengan Bahan Organik Alami

cara alami mengatasi jerawatBahan organik dapat membantu mengatasi jerawat

Bahan organik alami merupakan bahan perawatan terbaik bagi kulit karena tidak akan menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan kesehatan kulit. Meskipun sekarang ini sudah banyak bahan kimia yang dikatakan aman oleh para dermatologis untuk digunakan kulit, namun tentu saja bahan alami masih jadi yang terbaik. Apalagi bila kulit berjerawat, penggunaan bahan kimia tentu bisa jadi malah semakin merusak kulit.

Nah, untuk itu akan diuraikan beberapa tips menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan–bahan organik alami.

Loading...

1. Cuka Apel Organik.

Cuka apel bisa digunakan sebagai toner kulit wajah. Caranya, campurkan 1 bagian cuka apel dengan 3 bagian air bersih lalu celupkan kapas dan tepuk–tepukkan kapas di kulit wajah dan sekitar leher. Cuka apel mampu mencegah tumbuhnya jerawat dan membantu memperbaiki dan merawat kulit, mencerahkan warna kulit, serta memberikan rasa segar. Tapi ingat! Hanya gunakan cuka apel organik.

2. Lemon dan Gula.

Potong buah lemon menjadi 2 bagian dan lapisi salah satunya di gula merah (brown sugar) lalu gosok perlahan lemon tersebut ke wajah Anda. Ini akan membantu proses pengelupasaan kulit mati, mengontrol minyak berlebih dan membunuh kuman yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah, kulit yang semakin cerah dan bekas jerawat maupun noda hitam di wajah jadi tersamarkan.

READ:  Benarkah Susu Menyebabkan Jerawat?

3. Rutin Mengkonsumsi Makanan Organik.

Buah, sayuran dan daging organik bisa memberikan manfaat lebih bagi Anda. Kenapa? Bahan makanan organik tumbuh tanpa diberikan bahan kimia (biasa digunakan untuk mengusir hama) sehingga bisa dijamin bahwa bahan makanan tersebut 100% alami. Selain itu efek samping dari mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung bahan kimia tentu akan meningkatkan resiko Anda terkena penyakit berbahaya.

4. Pepaya Mentah Organik.

Pepaya ternyata tak hanya lezat dijadikan jus yang bisa membantu melancarkan pencernaan tapi kandungan enzim papain bisa membantu Anda meredakan kemerahan di kulit wajah, memberikan rasa segar dan mengembalikan kekenyalan kulit. Selain itu, pepaya juga bisa membantu Anda menyingkirkan jerawat di wajah. Caranya, hancurkan papaya setengah masak lalu balurkan pada wajah, diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Setelah itu, gunakan pelembab wajah yang oil free.

5. Jeruk Nipis Organik.

Jeruk nipis merupakan astringent bagi kulit. Selain bisa mencegah timbulnya jerawat pada wajah, air perasan jeruk nipis juga bisa membantu meratakan warna kulit. Caranya, potong jeruk menjadi 2 bagian lalu peras airnya. Celupkan kapas bersih lalu tepuk–tepukkan di wajah. Diamkan beberapa saat sebelum di bilas.

READ:  Manfaat Tomat Untuk Kulit Sehat dan Bebas Jerawat

(photo: shutterstock.com )