Mengapa Baterai Smartphone Cepat Habis?

baterai borosBaterai boros

Smartphone atau biasa dikenal dengan ponsel pintar sedang menjadi primadona saat ini, banyak orang yang  mulai beralih menggunakan smartphone. Hal ini membuat para vendor juga beramai–ramai membuat produk smartphone.

Namun walaupun namanya ponsel pintar tetapi baterainya tidak cukup pintar karena cepat habis. Beda dengan ponsel terdahulu yang memiliki daya tahan baterai cukup lama. Hal ini kadang membuat kita kecewa kepada penjual smartphone yang memberikan spesifikasi yang tidak sesuai dengan sebenarnya.

Loading...

Mengapa baterai smartphone cepat habis? Mungkinkah kelalaian vendor atau justru berasal dari penggunanya?

1. Fitur 3G/HSPA/HSPA

Salah satu penyebabnya adalah karena smartphone saat ini disupport oleh 3G/HSPA/HSPA + yang lainnya. Beberapa fitur tersebut membutuhkan energi yang besar untuk dapat beroperasi. Bahkan walaupun fitur tersebut tidak dioperasikan tetapi sistemnya tetap bekerja.

2. Aplikasi

Aplikasi terlalu banyak yang terinstal di dalam sebuah smartphone membuat energi yang dibutuhkan semakin banyak pula. Banyaknya aplikasi gratisan membuat para pengguna ingin terus menambah dan mempercantik smartphone miliknya.

READ:  Tips Agar Baterai Ponsel Tidak Cepat Menggembung

Namun saat ini para vendor dunia sedang berusaha untuk mengatasi sisi minus ini.

3. Sinyal

Kondisi sinyal yang tidak stabil. Jika Anda berlangganan 3G atau HSDPA namun yang Anda dapatkan hanya 2G dan EDGE  atau tidak ada sinyal sama sekali membuat baterai akan cepat habis. Peralihan status dari tidak ada sinyal ke EDGE kemudian ke 3G dan HSDPA memerlukan daya baterai yang cukup besar.

Sudah tahu kan alasannya? Jadi jangan galau lagi dengan smartphone anda yang cepat kehabisan baterai. Sebaiknya Anda memiliki power bank agar ponsel Anda selalu On atau menghemat baterai smartphone Anda bila Anda tidak segera menemukan sumber listrik.

(Photo : rumpitekno.com)