Rahasia Merawat Mobil Tua Tetap Antik dan Cantik

mobil antikRutinlah merawat mobil Anda agar tetap nyaman saat berkendara

Perkembangan kendaraan roda empat dan roda dua beberapa tahun belakangan ini cukup signifikan. Setiap tahunnya selalu saja ada mobil keluaran terbaru yang dilempar ke pasar. Dengan tingkat konsumsi yang tinggi, mobil lama pun semakin tersingkirkan jauh ke belakang.

Sementara itu, beberapa orang tetap mengoleksi mobil tua karena hobi mereka. Mobil tua lebih dipandang eksotis karena memberikan banyak sensasi di dalamnya. Mulai dari sejarahnya, modelnya, dan beberapa keunikan lainnya.

Loading...

Mobil-mobil tua memang rawan dengan perawatan. Apalagi bila masih sering dipakai. Selalu saja ada bagian yang selalu minta untuk diberi perhatian. Dan bila Anda memiliki mobil-mobil tua dan masih cinta dengan kendaraan tersebut, ada baiknya bila melakukan perawatan untuk tetap menjaga kondisi mobil itu.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mobil kesayangan Anda.

1. Sistem Pengapian

Sistem pengapian adalah yang penting untuk mobil agar tetap bisa berlari meskipun mesinnya sudah tua. Anda bisa memeriksa kondisi mesin mobil, mungkin saja ada karat di dalamnya atau ada bagian yang perlu diganti. Jangan segan-segan untuk mengganti bagian yang sudah seharusnya diganti.

READ:  Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil

2. Kabel Penghantar Listrik

Kabel penghantar listrik juga perlu diperhatikan. Banyak mobil-mobil tua sering ditemukan dengan kondisi kabel yang amburadul, ditambal di sana-sini, sehingga membuat hantaran listrik tidak bekerja dengan maksimal. Akibat lain bila mengabaikan hl ini adalah mogok tiba-tiba di tengah jalan karena listrik mati secara mendadak.

3. Mesin

Pada bagian mesin, cek dengan seksama bagian ring pada piston. Ada sebuah ring yang gunanya untuk menjaga bensin tetap dalam ruang bakar. Kurang merawat bagian ini mengakibatkan asap yang mengepul saat mengoperasikan mesin mobil.

4. Per

Mobil tua paling sering kedengaran suara ngik-ngik dari besi-besi yang berhimpitan. Sebut saja di bagian kaki mobil, tepatnya di per. Cek apakah bagian ini masih bisa digunakan ataukah sudah tidak layak. Segera ganti jika memang sudah tidak layak. Toh tidak ada salahnya mengganti per agar tetap nyaman saat berkendara.

5. Interior

Soal interior, inilah yang selalu dipoles dan kemudian dibanggakan. Kecantikan dari sisi warna dan kulit mobil adalah nilai tersendiri. Jaga selalu kualitas bodi mobil Anda dengan cat mobil yang tidak mudah pudar. Dan bila ada korosi, segera tambal agar tidak menyebar dan tutupi agar tetap terlihat bagus.

READ:  6 Bagian yang Wajib Dibersihkan Setelah Offroad

Sebuah kenikmatan tersendiri bisa berjalan-jalan ditemani dengan mobil tua yang masih terjaga kualitasnya. Rutinlah untuk mengecek mobil Anda kemudian memperbaiki kerusakan yang ada agar tetap terawat dan nyaman dipakai.

(photo: purwanto666.wordpress.com)