Pentingnya Antioksidan Untuk Perawatan Kulit

Antioksidan Untuk Perawatan KulitAntioksidan untuk perawatan kulit

Oksidasi adalah reaksi kimia pada sel yang pasti dialami oleh tubuh. Reaksi berantai yang terjadi dalam sel akan menciptakan radikal bebas dari oksigen yang biasanya penting bagi semua bentuk kehidupan. Sedangkan radikal bebas adalah sesuatu yang bisa merusak sel, termasuk sel–sel kulit. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tubuh kita membutuhkan asupan antioksidan.

Berbagai hal yang bisa menjadi penyebab dan mempercepat oksidasi pada tubuh manusia antara lain, obat–obatan kimia, kebiasaan merokok, paparan sinar matahari yang berlebihan, perubahan suhu yang ekstrim. Akibat dari oksidasi antara lain, penuaan dini dengan ditandai munculnya garis–garis halus atau keriput di sekitar wajah, kulit menjadi kering dan kekenyalannya akan berkurang.

Loading...

Nah, untuk memperlambat proses tersebut, tubuh memerlukan asupan vitamin yang bisa didapatkan melalui buah, sayuran serta bahan makanan lain yang bisa dikonsumsi serta antioksidan.

Berikut akan diuraikan beberapa jenis vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dan sumbernya.

Vitamin C – Asam askorbat.

Jeruk, lemon, peach, jambu biji, cabai, dan minyak esensial yang dibuat dari ekstrak buah–buahan tersebut. Bila digunakan untuk perawatan kecantikan, vitamin c dapat membantu pengelupasan kulit dan merangsang pertumbuhan sel baru. Untuk pemilik kulit yang berminyak, vitamin c membantu membersihkan pori – pori yang tersumbat dan meremajakan epidermis.

READ:  Kata Jerawat Mengenai Kesehatan Anda!

Vitamin E – Tocopherol.

Tocopherol terkandung dalam biji bunga matahari, minyak zaitun, minyak gandum dan dalam buah alpukat. Vitamin E tocopherol ini akan membantu meremajakan serta melembabkan kulit.

Asam Polifenol.

Terdapat dalam teh hijau, kedelai, minyak zaitun, jus anggur organik buah–buahan lainnya. Membuat sendiri masker yang berasal dari asam jenis ini akan sangat membantu memelihara kesehatan kulit.

Vitamin A – Retinol.

Wortel, Aprikot, Pepaya, Mangga, Paprika merah mengandung banyak vitamin A yang berfungsi menajamkan penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Selain itu, Masker yang di buat dari salah satu bahan di atas bisa membantu mengencangkan dan mengembalikan elastisitas kulit.

(photo: blog.beautyfix.com)