5 Manfaat Mengejutkan dari Permen Karet Bagi Kesehatan

permen karetPermen karet

Jika Anda memiliki kebiasaan meletupkan permen karet di mulut Anda setelah makan atau ketika Anda bosan, maka Anda akan senang mengetahui bahwa permen karet ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Baca terus untuk mengetahui mengapa permen karet mungkin sebenarnya baik untuk Anda, dikutip dari 3fatchicks.com.

1. Meningkatkan Daya Mental

Permen karet meningkatkan aktivitas otak dalam beberapa cara. Misalnya, psikolog telah menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu Anda meningkatkan memori Anda. Dorongan dalam memori mungkin terkait dengan gerakan mengunyah pada rahang. Bila Anda mengunyah permen karet, hippocampus Anda menjadi terangsang. Hippocampus adalah bagian dari otak yang memainkan peran utama dalam memori. Selain meningkatkan memori Anda, permen karet juga mendorong lebih banyak aliran darah ke otak. Bila Anda mengunyah permen karet, meningkatkan laju jantung dan lebih banyak oksigen yang dikirim ke daerah otak Anda.

Loading...

2. Mengurangi Stres dan Ketegangan

Permen karet dapat membantu Anda melawan stres dan kecemasan. Penelitian telah menunjukkan bahwa siswa yang mengunyah permen karet selama ujian cenderung lebih waspada dan fokus. Hal ini karena permen karet membantu Anda mengatasi stres yang sering dikaitkan dengan ujian. Bukan hanya stres, setiap kali Anda merasa jengkel atau frustrasi, Anda mungkin menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu Anda lebih rileks.

READ:  10 Makanan untuk Nutrisi Otak Anak

3. Berkontribusi pada Berat Badan

Jika Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, mengunyah permen karet juga bisa bermanfaat bagi Anda. Saat Anda menginginkan cemilan atau hidangan penutup, letupkan permen karet ke mulut Anda sebagai gantinya. Karena permen karet hanya mengandung sedikit kalori dalam setiap porsinya, itu membuat makanan ringan yang ideal yang tidak akan merusak diet Anda. Tindakan mengunyah dan rasa permen karet akan membantu Anda melawan ngidam Anda terhadap makanan ringan lainnya yang tinggi kalori dan lemak.

4. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Jika Anda cenderung menderita masalah kesehatan mulut seperti bau mulut atau infeksi gusi, Anda mungkin ingin mengunyah permen karet untuk meringankan beberapa gejala. Bila Anda mengunyah permen karet, produksi air liur Anda juga terangsang. Air liur adalah faktor yang paling penting jika berbicara tentang menjaga kesehatan mulut yang baik. Air liur memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu membilas sisa-sisa makanan, sisa gula dan asam berbahaya lainnya di mulut Anda. Permen karet bebas gula juga telah ditemukan efektif dalam melindungi enamel gigi.

READ:  Cara Alami Memperlambat Proses Munculnya Uban

5. Meningkatkan Pencernaan

Anda mungkin tidak menyadari hal itu tetapi permen karet juga dapat meningkatkan pencernaan Anda, selama Anda mengunyah permen karet setelah Anda makan. Perhatikan bagaimana Anda sering menelan sambil mengunyah permen karet Anda, karena produksi air liur berlebih? Hal ini membantu menjaga asam pencernaan turun di perut Anda.

(photo: flickriver.com)