Nutrisi Penting Untuk Perawatan Rambut

Cara Perawatan Rambut SehatRambut Sehat dan Kuat

Rambut adalah bagian tubuh yang memerlukan perawatan sama pentingnya dengan bagian tubuh yang lainnya. Kulit dan juga rambut merefleksikan gaya hidup bagaimana yang sedang kita jalani.

Terkadang masalah kulit dapat diturunkan secara genetis, berbeda dengan rambut. Sehat atau tidaknya rambut kita diperngaruhi oleh banyak faktor termasuk diantaranya asupan makanan.

Loading...

Perawatan rambut seperti creambath atau masker rambut memang penting. Memilih makanan yang dikonsumsi demi kesehatan rambut juga tidak kalah pentingnya karena akan memberikan dampak postif dan negatif secara langsung maupun tidak langsung.

Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambut agar tetap sehat dan kuat. Jika sedang diet, pastikan ada sayuran dalam makanan yang dikonsumsi, khususnya sayuran hijau gelap seperti brokoli atau bayam.

Nutrisi Untuk Rambut

Asam lemak esesial yang ditemukan dalam minyak biji rami, minyak rami, buah-buahan kering, kacang-kacangan, biji labu, biji wijen, alpukat, minyak kanola, minyak kedelai, minyak biji gandum, salmon, makarel, sarden, teri, tuna albacore, ideal dikonsumsi untuk rambut halus dan kering. Makanan ini berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini rambut.

READ:  7 Kebiasaan yang Dapat Membuat Rambut Anda Sehat dan Indah!

Kacang ijo juga memberi pengaruh positif pada rambut karena mengandung protein yang akan merangsang pertumbuhan rambut.

Untuk mencegah rambut rontok yang kebanyakan disebabkan oleh kekurangan zat besi, direkomendasikan mengkonsumsi kacang, hazelnut, bawang putih, kacang-kacangan dan kedelai dalam diet sehari-hari. Secukupnya ya, karena penelitian menunjukkan bahwa konsumsi berlebihan akan memberikan efek negatif pada kesehatan rambut.

Vitamin Untuk Rambut

Vitamin B kompleks juga diketahui memberi keuntungan bagi rambut.

* vitamin B12 yang terkandung dalam hati, kacang-kacangan, ragi, daging tanpa lemak, produk susu dan telur, mampu memperkuat rambut.
* Vitamin B6 yang terkandung dalam jeruk, pisang, biji-bijian dan sayuran, berguna untuk mncegah rambut berminyak.
* Vitamin B7 dalam semangka, yougurt dan buah-buahan kering akan merangsang pertumbuhan rambut.
* Vitamin B8 dalam telur, kacang kedelai dan tomat akan mencegah rambut rontok.
* Vitamin B9, yang juga dikenal sebagai asam folat, terkandung dalam gandum, sayuran hijau, wortel dan peterseli, akan membantu menjaga warna natural dari rambut.

Vitamin E yang merupakan antioksidan kuat, juga memiliki peranan penting yang akan mencegah radikal bebas merusak membran biologis. Vitamin E banyak ditemukan gandum, alpukat, mentimun, biji-bijian dan sayuran.

READ:  Pesona Wanita yang Menarik Perhatian Pria

Wortel dan lobak juga penting untuk nutrisi rambut. Bayam mengandung vitamin A dan C yang dibutuhkan untuk memproduksi sebum, sedangkan mengkonsumsi wortel bagus untuk kesehatan kulit kepala.

Jadi, ingin rambut sehat dan kuat? Mari mengubah pola makan 🙂

(foto : gayarambut.net)