Cefprozil, Dari Penggunaan Hingga Efek Samping

cefprozilCefprozil tablet

Cefprozil digunakan untuk mengobati infeksi tertentu yang disebabkan oleh bakteri, seperti bronkitis dan infeksi pada telinga, tenggorokan, sinus, dan kulit. Cefprozil berada dalam kelas obat yang disebut antibiotik sefalosporin. Ia bekerja dengan melemahkan dinding sel dari bakteri penyebab infeksi, menghentikan pertumbuhannya, sehingga bakteri mati. Antibiotik tidak akan bekerja untuk pilek, flu, atau infeksi virus lainnya.

Aturan Minum Cefprozil

Cefprozil ada dalam bentuk tablet dan suspensi (cair) untuk diambil melalui mulut, biasanya setiap 24 jam (sekali sehari) atau setiap 12 jam (dua kali sehari) selama 10 hari. Ikuti petunjuk pada label resep dengan hati-hati, dan minta dokter atau apoteker untuk menjelaskan bagian manapun yang Anda tidak mengerti. Ambil cefprozil persis seperti yang diarahkan. Jangan mengambil lebih atau kurang dari itu atau mengambil lebih sering daripada yang disarankan oleh dokter Anda.

Loading...

Banyak hal yang dapat mempengaruhi dosis obat yang dibutuhkan, seperti berat badan, kondisi medis lainnya, dan obat-obatan lainnya. Jika dokter telah merekomendasikan dosis yang berbeda dari yang tercantum pada label, jangan mengubah cara Anda minum tanpa berkonsultasi dengan dokter.

READ:  Ilalang, Tumbuhan Liar yang Kaya Manfaat

Kocok cairan baik sebelum setiap penggunaan untuk mencampur obat secara merata.

Tablet harus ditelan utuh dan diambil dengan segelas air penuh.

Ambil cefprozil sampai Anda memenuhi resep dari dokter, bahkan jika Anda merasa lebih baik. Menghentikan terlalu cepat dapat menyebabkan bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik.

– Sebelum mengambil cefprozil, beritahu dokter jika Anda alergi terhadap obat tertentu.
– Beritahu dokter apa obat, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda ambil. Pastikan untuk menyebutkan salah satu dari berikut: antikoagulan, diuretik, antibiotik lain, dan probenesid (Benemid). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau memonitor Anda dengan hati-hati untuk efek samping.
– Beritahu dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit ginjal, fenilketonuria, kolitis, atau masalah perut.
– Beritahu dokter jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil saat mengambil cefprozil, hubungi dokter.

Efek Samping Cefprozil

Cefprozil dapat menyebabkan efek samping. Konsultasi dengan dokter Anda jika ada gejala yang parah atau tidak pergi:

READ:  6 Tips Sederhana Memanjakan Diri Sepulang Kerja

– Perut terganggu
– Diare
– Muntah
– Sakit perut
– Pusing

Beberapa efek samping dapat menjadi serius. Gejala-gejala berikut ini mungkin biasa, tapi jika Anda mengalami salah satu dari mereka, segera hubungi dokter anda:

– Ruam kulit parah
– Gatal-gatal
– Kesulitan bernapas atau menelan
– Mengi
– Kulit dan mata menguning
– Luka menyakitkan di mulut atau tenggorokan
– Keputihan dan gatal
– Ruam popok

Cefprozil dapat menyebabkan efek samping lainnya. Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki masalah yang tidak biasa saat mengambil obat ini.

(photo: dailymedplus.com)