Tips Relaksasi Dari Penjuru Dunia

Berbeda negara memang memiliki bahasa dan masakan yang berbeda, juga budayanya – dari Jepang hingga Selandia Baru – telah tertanam cara melepaskan stres dan tradisi relaksasi. Tapi satu hal yang bersifat universal: Kita semua mengalami stres, dan bisa mendapatkan keuntungan dengan menemukan cara-cara sehat untuk meringankannya.

Jika Anda sedang mencari cara baru yang menarik untuk bersantai dan fokus, cobalah salah satu teknik pelepas stres dari beberapa negara. Berikut adalah beberapa yang menjadi favorit orang banyak, dikutip dari huffingtonpost.com:

Savusauna Finlandia
Savusauna Finlandia (photo: flickr.com/photos/miikka_skaffari)

Finlandia

Orang Finlandia sangat serius terhadap relaksasi dengan tradisi saunanya. Wooden bathhouse (pemandian air panas) menggunakan suhu tinggi bertujuan untuk membantu detoksifikasi tubuh dan menjaga darah tetap mengalir selama musim dingin yang stagnan. Savusauna adalah sebuah gubuk kecil yang dapat ditemukan di tanah pertanian Finlandia yang paling tradisional. Dan hanya sesi pendek selama 20 menit pemanasan dapat mempromosikan kelegaan dan rasa relaksasi.

Loading...

Spanyol

Bagi Orang Spanyol, tidur siang dapat membantu mengisi ulang dan memiliki tenaga untuk melalui sore hari. Jika jadwal kerja Anda memungkinkan, ambillah sesi tidur selama 30 menit pada tengah hari atau sore hari untuk membuat Anda kembali berenergi.

READ:  Migrain, Penyebab dan Cara Menghindarinya

Jepang

Taman batu jepang merupakan sebuah bentuk seni dan tradisi pelepas stress kuno. Mengatur dan menyapu pasir di taman, di sekitar batu-batu besar yang ditempatkan di seluruh taman, diperkirakan dapat membersihkan pikiran dan memberikan manfaat terapeutik. Cobalah taman zen kecil pada desktop – irama meditatif ritmik dari menyapu pasir dan memindahkan batu-batu dapat memberikan efek menenangkan.

Pijat Thailand
Pijat Thailand (photo: gregtodiffer.com)

Thailand

Di Thailand, pijat telah menjadi seni. Dibentuk oleh prinsip ayurveda India dan pengobatan tradisional dari Cina, pijat Thailand diperkirakan dapat meringankan stres dan menyeimbangkan pikiran, tubuh dan jiwa, belum lagi meredakan nyeri sendi dan kejang otot menggunakan kombinasi dari tekanan dan peregangan seperti yoga.

Perancis

Ini adalah fakta yang terkenal: Orang Perancis menempatkan premi pada waktu liburan musim panas mereka. Di Perancis, pekerja biasanya mengambil satu atau dua bulan liburan selama bulan Juli dan Agustus untuk bepergian dan menghabiskan waktu dengan keluarga mereka. Bahkan, pemerintah sebenarnya memberikan mandat lima minggu liburan yang dibayarkan bagi mereka yang bekerja selama 35 jam dalam seminggu – belum lagi puluhan liburan umum lainnya.

READ:  Bagaimana Akupuntur Bekerja Untuk Meringankan Stres?
Kirtan India
Kirtan India (photo: flickr.com/photos/fredcan)

India

Tradisi Orang India terhadap renungan panggilan dan respon nyanyian, juga dikenal sebagai Kirtan, telah mulai populer di Barat sebagai cara untuk melepaskan stres. Rekaman Kirtan telah tersedia di iTunes.

China

Akupresur adalah bentuk obat tradisional China yang menggunakan titik-titik tekanan kunci dalam tubuh untuk mempromosikan peningkatan keseimbangan dan sirkulasi cairan tubuh dan energi metabolik. Seperti akupuntur, akupresur merangsang titik penyembuhan di seluruh tubuh yang dianggap mengembalikan keseimbangan.

Zorbing Selandia Baru
Zorbing Selandia Baru (photo: plottersyservicioshdz.com )

Selandia Baru

Salah satu bentuk yang lebih tidak biasa (dan menyenangkan) untuk menghilangkan stres, zorbing – kegiatan rekreasi yang populer di Selandia Baru – melibatkan bola transparan yang besar yang digulirkan menuruni bukit.