Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat bawang putihApa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan?

Selain sering dijadikan sebagai bumbu dasar berbagai macam masakan, ternyata bawang putih juga memiliki khasiat lain. Meskipun baunya sangat menyengat, bawang putih mengandung lebih dari 100 bahan kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya bisa menjadi antioksidan, antivirus, antibakteri, antijamur dan masih banyak lagi. Berikut uraiannya.

1. Kandungan antioksidannya bisa membantu menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Apalagi jika Anda ternyata seorang perokok berat, kunyah 1 atau 2 siung bawang putih perhari mentah bisa sedikit membantu.

Loading...

2. Bila Anda sedang demam atau sedang mengalami sakit tenggorokan, kunyah sebutir bawang putih bisa membantu melegakan tenggorokan karena bawang putih mengandung anti peradangan.

3. Penelitian yang telah dilakukan oleh National Cardilogical Research Center di Moskow, Rusia mengungkapkan bahwa bawang putih mengandung sulfide yang bisa membantu menurunkan resiko kolesterol hingga 7,6 persen serta mencegah penyakit kardiovaskular lainnya yakni dengan cara rutin mengkonsumsinya. Misalnya dengan mencampurnya dengan salad ataupun dimakan langsung (mentah).

READ:  Manfaat Bawang Merah dan Bawang Putih

4. Bawang putih mengandung sulfur yang bisa membantu mempercepat kerja membran di mucous yang berada di dalam saluran pernapasan. Sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan saat Anda sedang flu atau batuk dengan cara mengeluarkan lendir dan melegakan tenggorokan.

5. Rutin mengkonsumsi bawang putih yang dimakan mentah bisa membantu melancarkan peredaran darah serta mendetoksifikasi tubuh dengan cara mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh melalui pori – pori kulit.

6. Bawang putih juga bisa membantu meningkatkan insulin. Jadi sangat baik dikonsumsi bagi orang yang menderita diabetes.

7. Senyawa Allicin bisa membantu melindungi tubuh dari infeksi karena memiliki kandungan anti jamur dan bisa meningkatkan antibodi. Sedangkan antioksidannya bisa menjaga kesehatan telinga dengan cara mengeluarkan kotoran yang ada di dalam telinga dan membunuh bakteri. Caranya dengan meneteskan minyak ekstrak bawang putih ke telinga.

8. Ketika udara dingin, gunakan bawang putih untuk membantu menghangatkan tubuh. Caranya: cincang halus bawang putih lalu campurkan dengan minyak urut yang biasa Anda gunakan untuk tubuh.

READ:  Manfaat Bawang Putih Kuatkan Pertahanan Tubuh

9. Mengkonsumsi potongan bawang putih ternyata juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Apalagi jika Anda sedang mengalami sembelit.

10. Menggosok bawang putih yang telah dipotong menjadi 2 bagian pada wajah yang sedang berjerawat ternyata bisa membantu mengempeskan bahkan menghilangkan bekas jerawat. Cara lainnya dengan ditumbuk halus dan mengoleskannya di jerawat lalu diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Lakukan pada malam hari. Meskipun pada awalnya terasa agak perih, tapi cara ini ternyata cukup ampuh mengusir jerawat.

(photo: tribunnews.com)