15 Makanan Sehat Untuk Ginjal Sehat

buah yang kaya antioksidanBuah-buahan yang kaya antioksidan

Makan diet seimbang adalah penting untuk kesehatan. Sekarang para ilmuwan telah menunjukkan makanan tertentu sebagai makanan super.

Jika Anda memiliki penyakit ginjal kronis, Anda akan senang mengetahui bahwa ada banyak makanan super yang mengandung antioksidan dan memiliki sifat yang mendukung kesehatan lainnya, termasuk dalam diet ginjal.

Loading...

Berikut 15 makanan super untuk kesehatan ginjal Anda, dikutip dari yourkidneys.com.

1. Paprika merah

Paprika merah adalah pilihan yang baik bagi mereka yang peduli pada kesehatan ginjal, karena kandungan kaliumnya yang rendah. Selain itu, mereka menambahkan warna dan rasa dalam setiap hidangan, dan mengandung vitamin A, C, B6, asam folat dan serat. Mereka juga mengandung antioksidan lycopene, yang melindungi terhadap beberapa jenis kanker.

2. Kubis

Kubis merupakan sayuran renyah silangan yang diisi dengan fitokimia, senyawa kimia yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu.

Fitokimia bekerja dengan memecahkan radikal bebas. Fitokimia Banyak diyakini dapat memerangi kanker dan mendukung kesehatan jantung.

Kubis memiliki kandungan vitamin K dan C yang tinggi, juga serat dan merupakan sumber vitamin B6 dan asam folat, namun ia rendah kalium, sehingga ramah terhadap ginjal.

3. Kembang kol

Makanan super lainnya adalah kembang kol. Ia merupakan sayuran silangan yang mengandung banyak vitamin C, bersama dengan folat dan serat. Selain itu, juga mengandung senyawa yang membantu hati Anda menetralisir zat beracun.

READ:  Inilah 12 Makanan Menakjubkan Untuk Meningkatkan Tinggi Badan

4. Bawang putih

Bawang putih baik untuk mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol. Ia juga memiliki sifat antioksidan dan anti-pembekuan. Memasak bawang putih tidak akan mempengaruhi sifat antioksidan, tetapi akan mengurangi efek anti-pembekuan dan anti-inflamasi.

5. Bawang Merah

Bawang merah penuh flavonoid, khususnya quercetin. Flavonoid adalah bahan kimia alami yang mencegah deposit material lemak dalam pembuluh darah dan menambah pigmentasi (warna) pada tanaman.

Quercetin adalah antioksidan kuat yang dipercaya dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan melindungi terhadap berbagai bentuk kanker. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi.

Selain rendah kalium, bawang merah juga mengandung kromium, mineral yang membantu tubuh Anda dalam metabolisme lemak, protein dan karbohidrat.

6. Apel

Dengan kandungan serat dan anti-inflamasinya yang tinggi, apel dapat membantu mengurangi kolesterol, mencegah sembelit, melindungi terhadap penyakit jantung dan mengurangi resiko kanker.

7. Cranberry

Cranberry sangat baik untuk mencegah infeksi saluran kemih, karena mereka membuat urin lebih asam dan membantu menjaga bakteri agar tidak melekat ke dalam kandung kemih. Ia juga dapat melindungi terhadap kanker dan penyakit jantung.

READ:  Redakan Pilek dengan Mandi Air Dingin!

8. Blueberry

Buah lezat ini memperoleh warna biru dari senyawa antioksidan yang disebut antosianidin. Blueberry memiliki nilai gizi tinggi, berkat senyawa alami yang mengurangi peradangan dan banyak vitamin C dan serat. Ia juga mengandung mangan, yang memberikan kontribusi pada kesehatan tulang.

9. Raspberry

Raspberry mengandung senyawa yang disebut ellagic acid, yang membantu menetralisir radikal bebas. Warna merah berry berasal dari antioksidan yang disebut antosianin.

Raspberry dikemas dengan serat, vitamin C dan mangan. Ia juga memiliki banyak folat, vitamin B. Raspberry memiliki sifat yang membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker dan pembentukan tumor.

10. Strawberry

Strawberry kaya akan dua jenis antioksidan, ditambah dengan vitamin C, mangan, dan serat-nya yang tinggi. Ia memiliki sifat anti-inflamasi, anti-kanker dan juga membantu menjaga jantung Anda sehat.

11. Ceri

Ceri dipenuhi dengan antioksidan dan fitokimia yang melindungi jantung Anda. Bila dimakan sehari-hari, terbukti dapat mengurangi peradangan.

12. Anggur merah

Warna dalam anggur merah berasal dari beberapa flavonoid. Ia baik untuk jantung Anda, karena mencegah oksidasi dan mengurangi kemungkinan pembekuan darah.

Suatu flavonoid dalam anggur, resveratrol, dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, yang meningkatkan relaksasi otot pada pembuluh darah untuk aliran darah yang lebih baik. Flavonoid juga membantu melindungi Anda dari kanker dan mencegah peradangan.

READ:  Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi

13. Putih telur

Apakah Anda tahu bahwa putih telur adalah protein murni? Mereka menyediakan protein kualitas tertinggi, bersama dengan semua asam amino esensial.

Jika Anda melakukan diet ginjal, perlu untuk dicatat bahwa putih telur memiliki fosfor kurang dari sumber protein lain, seperti kuning telur atau daging.

14. Ikan

Selain menjadi sumber protein, ikan mengandung lemak anti-inflamasi yang disebut omega-3. Lemak sehat ini membantu mencegah penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung. Mereka juga membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

15. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki komponen yang baik: asam oleat, asam lemak anti-inflamasi yang melindungi terhadap oksidasi dan polifenol, dan senyawa antioksidan yang mencegah peradangan dan oksidasi. Pilihlah virgin atau extra virgin olive oil – kandungan antioksidannya lebih tinggi.

(photo: good-wallpapers.com)