Manfaat Berdoa Bagi Jiwa dan Raga

manfaat berdoaApa saja manfaat berdoa

Hidup di dunia ini adalah sebuah misteri akan hari esok yang penuh harapan. Kita dilahirkan ke dunia dengan dua bekal, pertama yaitu raga dan kedua yaitu roh. Kedua hal ini bagaikan uang koin yang saling menyokong satu sama lain.

Dari sisi kejiwaan, kita kenal yang namanya berdoa. Salah satu kegiatan untuk menguatkan iman kita akan kuasa Tuhan yang tak terjangkau oleh manusia.

Loading...

Tapi tahukah Anda bahwa lewat berdoa, bukan hanya sebuah kedekatan dengan Dia ysng bisa kita dapatkan. Tetapi manfaat lain dari berdoa juga bisa Anda peroleh. Seperti apa itu?

Berikut beberapa manfaat dari berdoa untuk jiwa dan raga manusia.

Menekan Emosi

Coba bandingkan orang yang memiliki intensitas waktu berdoa lebih banyak dengan mereka yang jarang berdoa. Anda akan menemukan perbedaan kontrol emosi antara keduanya. Dengan berdoa, Anda melatih pikiran Anda untuk lebih tenang dan selalu positif thinking.

Mengurangi Stress

Ketika stres melanda pikiran, orang selalu mencampuradukkan segala sesuatu sehingga pola pikir kacau. Dengan berdoa, Anda memberikan waktu kepada pikiran untuk sedikit tenang. Berserah kepada Yang Maha Kuasa adalah pola hidup yang sangat baik. Tidak ada yang tidak mustahil di dunia ini. Stres seperti apapun itu, pasti Anda bisa menemukan solusinya lewat doa.

READ:  Berapa Banyak Tidur yang Dibutuhkan Anak Anda?

Menuntun dalam Pengembangan Pribadi

Percaya atau tidak, seseorang yang selalu berdoa ternyata memiliki kemampuan lebih untuk mengembangkan kemampuan dirinya menjadi lebih maksimal. Jiwa seseorang akan terpacu bahwa keyakinan akan Tuhan bisa memberikan sebuah titik terang bagaimana dan apa yang harus dilakukan dalam memahami dan menjalani sesuatu. Menyadari pribadi bisa membuat kita melihat semua kesempatan yang ada di depan kita.

Meningkatkan Kualitas Daya Tahan Tubuh

Penyakit bisa muncul dari mana saja. Salah satunya berasal dari jiwa kita, yang biasa dikenal orang dengan kondisi psikologi. Banyak berdoa membuat iman Anda semakin kuat. Dengan iman yang kuat, Anda bisa meyakinkan raga Anda bahwa sesuatu dari luar tidak akan pernah bisa mengalahkan diri sendiri, khususnya bagi tantangan psikologi. Jangan pernah menganggap remeh berdoa untuk urusan yang satu ini.

Semakin Menguatkan Hati

Ketegaran hati tidak muncul begitu saja. Menyadari Tuhan sebagai yang memiliki segalanya serta menyerahkan segala sesuatu kepadaNya membuat batin memiliki kekuatan untuk membentuk perasaan tidak mudah putus asa. Meskipun dalam situasi yang sangat sulit sekalipun.

READ:  Kopi dan Teh Hijau Dapat Membantu Menurunkan Resiko Stroke

(photo: gospelsunshine.wordpress.com)