Tips Aman Dalam Membeli Mobil Bekas

tips membeli mobil bekasMembeli mobil bekas

Membeli sebuah kendaraan roda empat tidak segampang membeli sebuah motor. Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan untuk hal itu. Apalagi bila ingin membeli sebuah mobil yang mana adalah mobil bekas. Dibutuhkan kelihaian dan ketelitian agar nantinya Anda tidak menyesal dan merugi karena ternyata tidak sesuai dengan harapan.

Ya, industri penjualan mobil bekas saat sekarang ini sedang marak-maraknya naik daun. Sebab dipengaruhi oleh banyaknya produksi mobil baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Otomatis banyak orang akan menjual mobil lama.

Loading...

Anda yang ingin membeli sebuah mobil, apalagi mobil bekas diharapkan untuk telaten dalam memilah seperti apa mobil yang ada di hadapan Anda nantinya. Memeriksa semua bagian adalah hal mutlak dan wajib dilakukan. Jangan sampai Anda membeli kucing dalam karung.

Sebagai referensi, berikut kami sajikan tips-tips yang bisa membantu Anda dalam menentukan mobil bekas mana dan seperti apa yang layak untuk Anda beli.

Cek Kelengkapan Surat Mobil

Saat membeli sebuah mobil bekas, wajib untuk mengecek surat-surat pada mobil itu. Jangan sampai surat-suratnya tidak ada, atau bisa saja telah dipalsukan. Surat tersebut seperti BPKB, STNK, dan Fakturnya.

READ:  Ferrari Keluarkan Mobil Hibrida Paling Cepat Di Dunia

Cek Nomor Mesin dan Rangka

Bila surat BPKB dan STNK lengkap, cobalah untuk mencocokkan keduanya dengan nomor mesin dan nomor rangka yang tertera pada kertas itu. Cocok atau tidak. Kalau tidak cocok, jangan sekali-kali membeli mobil tersebut. Bisa saja itu mobil adalah mobil bermasalah.

Cek Seluruh Bodi Mobil

Soal bodi mobil, pengecekan yang bisa Anda lakukan adalah meletakkannya di tempat terbuka yang datar. Perhatikan kondisinya, apakah posisinya miring atau tidak. Bila miring, itu menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan suspensinya atau mungkin saja mobil itu pernah tabrakan. Jangan lupa cek interior mobil, lengkap atau ada yang sudah terbongkar.

Cek Kondisi Mesin dan Bagiannya

Mengecek mesin bisa Anda lihat dari knalpotnya. Bila knalpot bersih, kondisi mesin hampir mendekati garis aman. Tapi bila ada oli atau kondisinya sangat hitam, bisa jadi mobil itu harus dioverhaul. Anda harus tahu bahwa memperbaiki kondisi mobil yang seperti itu tidak murah.

Selain itu, saat Anda menyalakan mesin cobalah tarik kekuatannya hingga 4000 – 5000 Rpm. Pastikan tidak asap putih mengepul. Kalau ada, bisa jadi ada masalah di dalamnya.

READ:  Cara Merawat Dan Mengganti Aki Mobil

Cek Kondisi AC

Bila memiliki mobil dan kondisi AC-nya rusak, biaya perbaikannya cukup mahal. Nah, untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas, cek bagian ini. Pastikan AC dalam kondisi yang baik.

Cek Kondisi Kaki Mobil

Untuk urusan ini, cobalah Anda mengecek bagian suspensi dan bannya dengan mengayunkan mobil itu. Bila goyangan mobil tidak seperti biasanya, bisa jadi suspensinya rusak. Soal ban, putarlah steer mobil dalam keadaan mobil diam. Bila ada suara gemeletak dari bawah, berarti sesuatu tidak beres dengan sistem itu.

Masih banyak lagi kriteria yang harus Anda penuhi dalam membeli sebuah mobil bekas. Jangan ragu untuk hunting mobil di berbagai tempat. Karena dengan begitu, mobil bekas dengan kondisi yang prima bisa menjadi milik Anda. Semoga bermanfaat.

(photo: i.investopedia.com)