Tips Menjalin Persahabatan Yang Harmonis

tips persahabatanPersahabatan

Menjalin sebuah persahabatan yang baik dan sehat tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh pengorbanan untuk mendapatkan jalinan persahabatan yang harmonis dan saling mengerti. Butuh pula waktu cukup lama, bahkan bisa bertahun-tahun. Atau bahkan pengorbanan terbesar sekalipun.

Namun terkadang orang bingung untuk bertindak apa yang harus dilakukan ketika ingin memiliki sahabat. Kadang ada yang kalang kabut dan salah tafsir tentang persahabatan.  Ada juga yang tidak bisa menahan sifat diri sendiri, selalu ingin menang dan mementingkan diri sendiri.

Loading...

Nah, untuk Anda yang ingin membina persahabatan yang baik dan positif, berikut beberapa tips yang tentunya berguna untuk disimak.

1. Janji

Janji adalah utang. Namun tidak bagi sebuah persahabatan. Janji adalah janji dan harus ditepati. Tepatilah janji Anda dan sahabat akan datang kepada Anda.

2. Menjaga Rahasia

Satu yang tidak disukai dari seseorang adalah kebiasaan mulutnya yang mencrot disana-sini alias mulut ember. Buanglah jauh-jauh sifat ini karena sangat merugikan bagi orang lain dan bagi diri sendiri tentunya. Belajarlah untuk menjaga rahasia sahabat Anda.

READ:  8 Tanda Anda Pria Yang Menyebalkan

3. Selalu Ada

Selalu berada di dekat seorang sahabat, meskipun ia berbuat kesalahan. Mungkin saja kesalahan itu terjadi karena ketidaktahuan atau ketidaksengajaan. Yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa menuntun dan mengubah dia menjadi pribadi yang lebih baik. Ingat, tidak ada orang yang sempurna.

4. Menerima Apa Adanya

Menerima apa adanya seorang sahabat adalah nilai emas untuk menjalin sebuah persahabatan. Hapuslah dari pikiran menerima seseorang karena ada apanya. Seorang sahabat tidak akan pernah meninggalkan kawannya, meski senang ataupun susah. Mari bergembira bersama, dan bersimpati ketika berduka. Memberikan perhatian adalah jalan terbaik untuk bisa saling memahami.

5. Saling Menghargai

Jangan pernah mengontrol seorang sahabat. Meskipun hubungan pertemanan sudah sangat dekat, bukan berarti kita memiliki kontrol atas dirinya. Biarkan kebebasan tumbuh di dalam persahabatan itu. Hargai setiap keputusan yang diambil sahabat, mungkin itulah yang terbaik buat dia. Ini adalah sikap saling menghargai satu sama lain.

6. Saling Memberi

Memiliki sahabat bukan berarti hanya memperoleh kesenangan semata dari dia atau mereka. Tetapi hayatilah apa yang bisa Anda berikan kepada sahabat Anda.

READ:  7 Benda yang Sebaiknya Wanita Miliki untuk Mengatasi Beauty Emergency

7. Memaafkan

Satu hal yang sering dilupakan orang ketika terjadi kemelut dalam sebuah pertemanan, yaitu memaafkan. Luka hati jangan dibalas dengan melukai hati mereka juga. Bila teman tak sengaja melukai perasaan kita, ambillah hikmahnya, dan berikanlah maaf.

8. Memahami Perbedaan

Tak ada orang yang sama persis, demikian pula kepribadian seseorang, pasti selalu ada yang berbeda dan tak sejalan. Perbedaan adalah bumbu persahabatan. Namun jangan menjadikan perbedaan menjadi batu sandungan yang menjadi penghancur persahabatan.

9. Berikan Dukungan

Mendukung sahabat adalah salah satu perhatian yang bisa menyemangati dan mendorong agar keakraban di antara Anda tetap erat. Dukungan dalam hal apa saja, selama itu bersifat postif. Kubur dalam-dalam sikap saling menjatuhkan, toh semua sudah ada rejeki dan jalannya masing-masing.

Setiap kita pada hakekatnya membutuhkan sahabat sebagai tempat bertumpu dan berbagi. Memiliki sahabat berarti kita mau menerima apa kekurangan dan apa kelebihannya. Hal ini juga berarti bahwa kita mau memberikan yang terbaik dengan tidak sungkan-sungkan. Memberi tanpa menanti imbalan, itulah yang sejatinya.

READ:  Tips Sukses Menjalin Hubungan dengan Pasangan Beda Usia

(photo: triciamccormackphotography.com)