Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

tips bayi tidur nyenyakBayi tidur nyenyak

Memiliki anak merupakan anugerah dan kebahagiaan bagi seorang wanita. Namun bayi yang baru berumur beberapa bulan biasanya akan sering terjaga saat malam hari.

Masalahnya adalah ketika mereka tidak bisa tertidur dengan nyenyak (sering terbangun dan menangis), maka kita yang akan direpotkan untuk menemaninya sepanjang malam. Itu memang tugas semua orang tua, tapi, ini akan membuat Anda jadi kurang tidur di malam hari.

Untuk wanita yang menjadi ibu rumah tangga biasa tentu ini bukan masalah yang besar, tapi bagi wanita yang juga bekerja di siang hari, ini tentu sangat melelahkan karena terjadi secara berulang dan akibatnya bisa saja jatuh sakit.

Nah, berikut ini akan diuraikan mengenai bagaimana cara agar anak bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

Pertama

Banyak bayi yang akan tidur dengan nyenyak di tempat tidurnya sendiri (keranjang bayi). Kenapa? Jika bayi tidur bersama dengan orang tuanya di tempat tidur yang sama, maka ketika orang tuanya bergerak, bayi juga akan bergerak.

Malah tak jarang akan langsung menangis karena kaget sehingga akan mengganggu tidurnya. Tidurkan bayi di tempat tidurnya sendiri tapi dekat tempat tidur Anda.

Jangan lupa letakkan beberapa bantal di pinggir tempat tidurnya, itu akan membuat mereka merasa nyaman dan aman.

Kedua

Mandikan bayi sebelum tidur dengan air hangat, lalu gosokkan minyak kayu putih atau minyak telon sambil diberikan pijatan-pijatan lembut.

Hal tersebut akan membuat bayi merasa lebih relaks sehingga akan cepat tertidur. Jangan lupa matikan lampu dan nyanyikan lagu pengantar tidur.

Ketiga

Jam tidur bayi memang belum bisa disamakan dengan jam tidur orang dewasa. Tapi biasakan tidak menidurkan bayi terlalu lama di siang hari karena itu akan membuatnya terjaga sepanjang malam. Cara ini akan membuat bayi terbiasa untuk lebih banyak beristirahat atau tidur di malam hari.

Keempat

Kenakan pakaian yang nyaman pada bayi. Pakaian yang berat dan tidak nyaman akan membuat bayi sering terbangun dan sulit untuk kembali tertidur. Jadi, pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan yang lembut dan ringan. Begitu pula dengan selimutnya.

Kelima

Jangan lupa untuk mengganti popoknya sebelum makan malam. Kenapa? Bayi biasanya akan mengantuk setelah diberi makan dan minum susu lalu tertidur.

Memakaikan pokok saat bayi sedang tidur tentu akan sangat mengganggunya bahkan bisa membangunkannya.

Keenam

Bayi akan tidur ketika dia merasa nyaman. Rajinlah membersihkan ruangan di mana bayi sering tidur dan atur suhunya agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

Cari tahu apa yang membuat bayi merasa tidak nyaman. Bila Anda masih merasa kesulitan (biasanya dialami oleh ibu yang melahirkan anak pertama), mintalah saran pada dokter anak.

***

Kurang tidur pada bayi akan menyebabkan terganggunya proses tumbuh kembangnya. Karena itu pastikan bayi Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas dengan menjaga agar tidurnya lelap dan tidak rewel di malam hari.

(photo: xzoom.in)


Topik Terkait: , , , ,

2 Komentar

  1. tika himatul says:

    setuju…trimakasih atas penjelasannya…

    :)

  2. Anak rewel, orangtua jadi kurang tidur… trims tipsnya!

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>