5 Khasiat Madu Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat maduKhasiat si manis madu

Pada awalnya madu hanya dimanfaatkan sebagai makanan atau digunakan sebagai pemanis pada makanan. Hingga kemudian berbagai penelitian dilakukan dan para ilmuwan menemukan kandungan madu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia bahkan dapat digunakan pula sebagai perawatan kecantikan oleh para wanita.

Rasa manis pada madu membuat semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua gemar mengkonsumsinya. Madu dapat dioleskan pada roti atau dikonsumsi secara langsung.

Loading...

Kandungan magnesium, kalsium, sodium, zat besi dan fosfor serta vitamin-vitamin dalam madu sangat membantu dalam penyembuhan luka atau infeksi yang terjadi pada tubuh Anda. Selain itu, masih banyak sekali manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut beberapa manfaat yang dihasilkan madu untuk tubuh Anda.

1. Sumber Energi

Zaman dulu atlet-atlet dari Romawi dan Yunani menggunakan madu sebagai suplemen saat akan bertanding atau setelah bertanding. Gula yang terkandung di dalam madu menjadi sumber energi untuk tubuh karena mudah diserap oleh sistem pencernaan.

READ:  Tips Memulai Olahraga Pasca Melahirkan

Oleh karena itu banyak orang yang mengkonsumsi madu saat ingin melakukan aktivitas.

2. Antiseptik

Anda terluka? Gunakan madu sebagai pertolongan pertama. Di dalam madu terdapat antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri-bakteri pada luka Anda.

Selain itu, asam amino yang terkandung pada madu berguna untuk menyembuhkan luka dan membunuh kuman-kuman yang dapat menyebabkan infeksi pada luka. Anda dapat mengkonsumsi setiap hari untuk penyembuhan infeksi yang terjadi pada tubuh Anda.

3. Pelembab

Selain baik untuk melembabkan wajah, madu juga dapat digunakan sebagai kondisioner rambut. Anda dapat mencampurkannya dengan minyak zaitun lalu usapkan pada rambut selama beberapa menit lalu bilas.

4. Sistem Kekebalan Tubuh

Karena mengandung antibakteri, madu memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Madu juga mengandung nutraceuticals yang dapat melawan radikal bebas dan kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan tubuh. Pada akhirnya, tubuh akan makin sehat dan bugar.

5. Baik Untuk Kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan bingung untuk menggunakan pelembab apa yang baik untuk kulit, Anda dapat menggunakan madu untuk menjaga kesehatan kulit Anda karena madu dapat digunakan untuk segala jenis kulit.

READ:  6 Manfaat Sehat Memelihara Hewan

Untuk Anda yang memiliki kulit kering, cobalah oleskan madu ke wajah kemudian tepuk-tepuk dengan tangan hingga madu meresap. Bilas dengan air hangat dan rasakan khasiat madu pada kulit Anda. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Anda dapat menemukan madu dijual di pasar tradisional, toko atau swalayan-swalayan. Tetap berhati-hati dalam membeli madu dan memilah mana madu palsu atau madu asli.

Jangan sampai berharap mendapatkan khasiat madu, yang Anda peroleh malah penyakit karena madu palsu yang Anda beli bisa saja hanya menrupakan campuran gula dan air.

(photo: 1ms.net )