Inilah 4 Bahaya Mengkonsumsi Air Mineral Kemasan

bahaya air minum kemasanAir minum kemasan

Minum air putih sebanyak 8 gelas sehari dapat membuat tubuh Anda sehat. Hal ini juga dianjurkan oleh para dokter. Tetapi untuk memenuhinya kebanyakan orang lebih memilih air mineral kemasan botol karena lebih praktis dan mudah didapat serta ekonomis. Tetapi kebanyakan dari Anda tidak mengetahui bahwa dengan mengkonsumsi air kemasan dapat berakibat buruk untuk kesehatan.

Molekul-molekul yang terdapat pada plastik dapat mencemari air yang berada pada botol, termasuk phtalat yang digunakan untuk melembutkan botol. Bahan kimia tersebut akan meleleh saat terkena sinar matahari dan menyebabkan beberapa penyakit seperti gangguan reproduksi, masalah hati hingga kanker.

Loading...

Berikut beberapa efek negatif lainnya dari mengkonsumsi air mineral dalam kemasan.

1. Bibir Keriput

Mengkonsumsi air mineral juga dapat membuat bibir Anda lebih cepat keriput, hal ini disebabkan karena ketika Anda minum bibir akan secara spontan mengkerut dan menyesuaikan dengan ukuran lebar botol. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya garis-garis pada bibir yang akan terlihat seperti kerutan. Dan garis-garis ini kemudian akan menjadi permanen jika Anda terbiasa mengkerutkan bibir.

READ:  Inilah 3 Efek Buruk Sering Minum Air Dingin

2. Obesitas

Mungkin banyak dari Anda tidak mengetahui hal ini. Zat bisphenol A (BPA) yang digunakan untuk membuat botol plastik adalah endocrine disruptor yang mempengaruhi aktivitas hormon normal dalam tubuh Anda. Hasil penelitian menemukan bahwa BPA bisa membuat tubuh meningkatkan lebih banyak lemak. Selain itu, BPA juga dapat membuat bertambahnya produksi insulin (cara tubuh mengatur lemak dan karbohidrat) sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Bakteri

Untuk menghindar dari efek negatif air mineral kemasan, Anda sebaiknya menghabiskan air mineral Anda dalam sehari dan jangan diletakkan di tempat yang bersuhu panas. Air minum kemasan yang terpapar sinar matahari untuk waktu yang lama, akan menyebabkan tumbuhnya lumut dan mikroorganisme yang mungkin saja berbahaya bagi kesehatan tubuh.

4. Limbah Plastik

Botol-botol plastik bekas air minum telah menyebabkan masalah sampah yang mendunia. Ada sebagian kecil yang didaur ulang. Akan tetapi yang tidak didaur ulang lebih banyak lagi dan menyebabkan pencemaran lingkungan di laut, di sungai dan di jalan-jalan.

READ:  8 Tips Sehat di Musim Panas

Sebaiknya mulai membiasakan diri sendiri untuk membawa air minum dari rumah.Tapi jangan lupa, jika Anda ingin menggunakan botol minuman dengan alasan lebih sehat, hemat, dan go green, disarankan untuk menghindari botol atau wadah plastik yang terbuat dari polikarbonat (biasanya ditandai dengan angka 7 atau simbol PC) dan hindari botol polivinil klorida (biasa ditandai dengan angka 3 atau PVC).

(photo: ibu-cici.blogspot.com)