4 Trik Untuk Menghasilkan Foto Siluet Saat Travelling

foto siluetFoto siluet

Ingin menghasilkan foto yang berbeda ketika travelling? Cobalah memotret dengan gaya siluet. Foto siluet adalah foto yang memiliki objek utama gelap dengan background yang terang. Pada umumnya, foto–foto siluet memanfaatkan sunset atau sunrise sebagai latar.

Untuk menciptakan foto siluet yang menarik ketika travelling, simak beberapa trik sederhana berikut.

Loading...

Cahaya

Pastikan cahaya mendukung untuk menangkap foto yang disiluetkan. Saat yang paling tepat adalah ketika matahari berada 45 derajat di atas garis horizon. Posisi ini kira-kira pada pagi hari sebelum jam 9 pagi dan sore hari setelah jam 3 sore.

Utamakan porsi daerah non – siluet (daerah terang) seperti langit lebih banyak daripada daerah gelap. Terlalu banyak daerah gelap akan membuat foto kurang enak dilihat.

Foto siluet tidak terbatas pada saat sunset atau sunrise. Foto siluet bisa dihasilkan kapan saja sepanjang background di belakang objek lebih terang dari objek utama.

Pola/objek unik

Foto siluet akan terlihat menarik jika mempunyai pola yang unik dan bercerita. Oleh karena itu bentuk objek sangat penting untuk menghasilkan foto siluet yang apik. Carilah objek utama seperti pohon atau aktivitas manusia yang bisa dijadikan foto siluet.

READ:  6 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat di Dubai

Background

Selain harus menemukan daerah terang dengan tepat, Anda juga harus mendapatkan background yang menarik. Background dalam foto siluet harus ditampilkan secara jelas. Umumnya latar pantai atau langit menjadi pilihan favorit.

Setting kamera

Matikan flash kamera untuk menghasilkan foto siluet yang bagus. Untuk menangkap foto siluet, objek umumnya dibiarkan kekurangan cahaya. Bila flash dinyalakan, Anda akan mendapatkan foto biasa–biasa saja.

Atur tingkat eksposur dengan tepat. Kamera saat ini kebanyakan bekerja dan mengukur tingkat eksposur secara otomatis pada saat tombol shutter ditekan setengah. Sehingga kamera akan memberikan cahaya yang cukup pada obek yang seharusnya dibiarkan gelap. Untuk mensiasatinya, arahkan kamera pada titik paling terang pada gambar dan kemudian tekan tombol shutter separuh dan jangan lepaskan. Kemudian ubah arah kamera kembali ke subjek foto dan tekan tombol shutter sepenuhnya.

Untuk mode manual Anda bisa menurunkan shutter speed sebanyak satu atau dua stop jika ingin objeknya lebih gelap.

Untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan Anda harus sabar dan terus mencoba. Lakukan percobaan dengan objek dan kombinasi pengaturan yang berbeda pula.

READ:  5 Tempat Makan Romantis di Jakarta

 (photo: bangkaphotography.com)