Tips Boarding Yang Cepat Dan Efisien

tips boarding pesawatKabin pesawat

Ada perbedaan antara ketika boarding (naik pesawat) dengan naik bus. Ketika naik pesawat, penumpang mengantri dengan rapi serta tidak berebutan naik untuk mendapatkan tempat duduk. Meskipun begitu, masih ada saja penumpang yang menyerobot untuk cepat–cepat naik padahal jelas–jelas sudah dapat tempat duduk. Hal ini tentu saja mengganggu kenyamanan penumpang lain. Belum lagi jika ada penumpang yang bertingkah menyebalkan dengan membawa banyak barang ke kabin yang bisa memblokir jalan.

Masyarakat kita rupanya belum tahu banyak tentang etika boarding pesawat. Walaupun tidak ada aturan yang tertulis tentang etika boarding pesawat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya boarding tetap efisien dan tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Loading...

Usahakan Anda hanya membawa satu bagasi ke kabin. Dengan membawa satu bagasi saja ke dalam kabin berarti Anda telah bertindak adil kepada penumpang lain agar dapat menaruh barangnya di kompartemen atas. Barang yang terlalu banyak akan memakan tempat dan membuat penumpang lain tidak akan kebagian tempat kosong untuk menaruh barangnya. Dari segi kenyamanan, barang yang sedikit dan ringan akan lebih mudah dibawa dan tidak menunggu lama untuk mengangkatnya.

READ:  Cara Aman Menjaga Barang Berharga Saat Berlibur

Jika membawa tas beroda dalam kabin, usahakan untuk tidak menggeretnya karena dapat tersangkut dan mengklaim ruang orang lain. Angkatlah tas tersebut.

Ketika Anda sampai di pesawat, lekaslah duduk di kursi. Banyak penumpang setelah menaruh barangnya di kompartemen malah berdiri di gang dan menghalangi penumpang lain untuk lewat. Ada pula yang sibuk mencari–cari tempat. Tips amannya sebelum naik pesawat, ingatlah baik–baik nomor kursi Anda supaya tidak kebingungan mencari–cari tempat duduk ketika dalam pesawat. Jika Anda ragu atau tidak yakin, tanyakanlah ke pramugari ketika melewati pintu masuk pesawat.

Jika Anda duduk di kursi dekat jendela segeralah untuk naik pesawat. Hal ini untuk memperlancar penumpang yang duduk di sebelah Anda atau yang duduk di aisle/gang. Penumpang yang terlebih dahulu duduk di gang akan terpaksa berdiri dahulu dan mempersilahkan Anda yang duduk di bagian dalam. Hal ini akan menghambat penumpang lain yang lewat dan mnghambat arus.

Jika bepergian bersama keluarga atau grup, pastikan mereka tidak menghambat atau memblokir jalan dan menyelesaikan urusannya secepatnya. Bila membawa anak–anak, prioritaskanlah mereka terlebih dahulu.

READ:  Bingung Harus Ngapain di Seoul? Coba Kegiatan Orang Korea Ini!

Ketika di dalam pesawat, jalanlah terus. Tidak perlu menunggu orang lain atau rombongan. Berhenti sejenak dapat menghambat orang lain.

Dengan mengetahui dan menjalankan aturan–aturan tersebut setidaknya Anda bertindak sebagai penumpang yang tidak menyebalkan bagi yang lain.

Have a safe flight!

(photo: photobucket.com/evanhutagalung)