Tips Berbelanja Murah di Pasar Tradisional

tips berbelanja di pasar tradisionalBerbelanja di pasar tradisional

Sekarang ini, pasar modern sudah menjamur di mana–mana. Meskipun dari segi kenyamanan dan efisiensi pasar modern lebih unggul, banyak masyarakat yang masih senang berbelanja di pasar tradisional. Barang–barang yang dijual di pasar tradisional tidak kalah lengkap dengan supermarket atau pasar modern lainnya. Bahkan, ada barang–barang tertentu yang tidak Anda temui di supermarket. Anda bisa berhemat dengan berbelanja di pasar tradisional karena barang  yang dijual relatif murah dibandingkan dengan supermarket.

Nah, agar belanja di pasar tradisional lebih nyaman dan murah, lakukan hal berikut.

Loading...

Cari referensi

Carilah informasi atau referensi dari sahabat, keluarga atau teman yang sering berbelanja di pasar tradisional. Carilah informasi mengenai lokasi–lokasi pasar tradisonal yang menjual barang–barang lengkap dengan harga murah.

Datang lebih awal

Datanglah lebih awal jika ingin membli barang dalam jumlah banyak. Biasanya pagi hari adalah waktu yang tepat karena pada saat itu pasar masih dalam keadaan sepi dan barang–barang  yang dijual masih lengkap. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah karena biasanya penjual memberikan harga diskon untuk pembeli yang datang pagi–pagi.

READ:  Cara Pintar Membeli Barang Bekas

Bawa uang tunai

Salah satu yang membedakan antara pasar tradisonal dengan supermarket yakni dari segi alat pembayaran. Jika di supermarket atau pasar modern Anda bisa menggunakan kartu kredit, maka di pasar tradisional hal ini tidak berlaku. Di pasar tradisional proses jual beli barang masih menggunakan cara konvensional yakni dengan menggunakan uang tunai. Sediakanlah uang tunai secukupnya sesuai dengan jumlah barang yang akan Anda beli.

Survey/keliling pasar

Di pasar tradisional, banyak pedagang yang menjual barang yang sama namun dengan harga yang berbeda. Dengan berkeliling pasar, Anda bisa membandingkan harga produk yang dijual oleh pedagang yang satu dengan pedagang yang lainnya sehingga anda memiliki banyak referensi. Pintar–pintarlah memilih pedagang yang tepat yang menyediakan barang yang lengkap dengan harga jual yang bisa ditawar.

Tawar menawar

Salah satu seni berbelanja di pasar tradisonal adalah proses tawar–menawar. Untuk bisa mendapatkan harga yang lebih murah Anda perlu melakukan tawar-menawar dengan penjual. Pastikan membeli barang yang sudah ditawar dan gunakanlah bahasa yang sopan dan ramah ketika melakukan tawar–menawar.

READ:  Ingin Sehat? Ayo Berbelanja sambil Olahraga!

Berbelanja di pasar tradisional sebenarnya lebih asyik dibandingkan berbelanja di supermarket. Anda dapat bersosialisasi dengan penduduk setempat, lebih banyak pilihan sayur, buah-buahan, ikan dan daging dengan kondisi yang masih segar, dan yang terpenting adalah dukungan yang Anda berikan untuk petani, nelayan dan pedagang kecil akan sangat membantu kelangsungan hidup mereka.

Jadi, berbelanja ke pasar tradisionak yuk!

(photo: ir.binus.ac.id)