Airline Mileage, Cara Travelling Gratis Kemana Saja

airline milesAirline miles

Sering bepergian dengan pesawat terbang? Tentu Anda pernah mendengar istilah airline mileage. Apa sebenarnya airline mileage itu? Airline mileage adalah program yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan kepada pelanggan loyal dengan mengumpulkan poin atau mileage dalam jangka waktu tertentu.

Sederhananya, jika sering bepergian menggunakan pesawat terbang, Anda bisa berkesempatan untuk mendapatkan tiket gratis dari maskapai yang Anda tumpangi. Kok bisa? Tentu saja. Selain tiket promo dan diskon harga penerbangan lainnya, saat ini beberapa maskapai berlomba–lomba untuk memberikan pelayanan yang istimewa kepada pelanggan setia maskapai tersebut. Untuk menarik minat pelanggannya, sebuah maskapai penerbangan menawarkan program yang bernama frequent flyer.

Loading...

Frequent flyer program adalah program kesetiaan pelanggan yang diberikan oleh maskapai kepada penumpang yang selalu menggunakan jasa penerbangan mereka. Program ini umumnya memberikan “bonus” dalam bentuk poin atau “mileage”. Poin atau ‘mileage’ tersebut dihitung dari akumulasi seberapa jauh pelanggan menempuh suatu penerbangan (dalam hitungan mil), berapa kali menumpang atau jumlah tarif penerbangan. Yang bisa dihitung biasanya adalah tarif dengan penerbangan normal dan bukan tarif promo. Parameter ini berbeda – beda untuk setiap maskapai.

READ:  5 Wisata Kuliner Khas di Pulau Kalimantan

Nah, apa keuntungan menjadi anggota frequent flyer? Banyak. Jika poin mileage anda telah mencukupi batas tertentu, maka Anda bisa menukarkan poin tersebut dengan penerbangan cuma – cuma atau gratis. Selain itu, Anda bisa menikmati kenaikan kelas misalnya dari kelas ekonomi ke bisnis atau bisnis ke kelas pertama. Keuntungan lainnya yakni kemudahan akses memasuki eksekutif lounge di bandara, prioritas booking, akomodasi hotel gratis, penambahan bagasi, atau diskon pada jasa dan barang yang disediakan maskapai.

Tidak semua maskapai penerbangan memiliki program loyalitas pelanggan untuk setiap penumpang. Di Indonesia, maskapai domestik yang menyediakan program frequent flyer yakni Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air. Sedangkan maskapai internasional contohnya seperti Qatar Airways, Singapore Airlines dan maskapai lainnya yang tergabung dalam aliansi Sykteam, Star Alliance dan OneWorld. Maskapai yang tergabung dalam aliansi tersebut memberikan kesempatan kepada pelanggan maskapai tertentu untuk menukarkan atau menggunakan mileage –  nya untuk mendapatkan manfaat di maskapai lain.

Dengan kata lain mileage yang diakumulasikan di suatu maskapai dapat dikonversikan ke sistem mileage maskapai lain. Ini sangat menguntungkan jika kita sering bepergian ke rute – rute tertentu yang tidak dilayani oleh maskapai yang sering kita tumpangi, tapi dilayani oleh maskpai lain dalam aliansi yang sama.

READ:  Ini Dia 5 Fakta Tentang Suku Maya

Ingin terbang gratis dengan maskapai penerbangan favorit Anda? Caranya cukup mudah. Anda tinggal mendaftar di website maskapai tersebut. Jika sering bepergian minimal 10 kali dalam setahun, Anda perlu mempertimbangkan untuk mendaftar program loyalitas pelanggan. Pilihlah salah satu maskapai yang sering Anda tumpangi atau maskapai yang terjalin dalam satu aliansi yang sama. Manfaatkanlah mileage yang Anda dapat untuk menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan kesayangan Anda.

(photo: livingstingy.blogspot.com)