Bagaimana Cara Sukses Menjadi Seorang Freelancer?

freelancerFreelancer

Freelancer atau tenaga lepas adalah salah satu pilihan kerja bagi yang tidak ingin terikat dengan jam kerja dan ingin bebas bekerja di mana saja. Jam dan tarif kerja yang fleksibel menjadikan seorang   freelancer dengan bebas menentukan kapan mulai mengerjakan proyek.

Dibandingkan pekerja kantoran, pekerja lepas memiliki lebih banyak waktu luang. Waktu luang tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal apa saja. Namun, kadang freelancer terjebak dengan kondisi tersebut. Kebanyakan terlena dengan banyaknya waktu yang digunakan untuk menyelesaikan proyek dan akhirnya pekerjaan yang seharusnya bisa selesai tepat waktu menjadi terbengkalai.

Loading...

Untuk bisa sukses menjadi freelancer, tentunya kita harus memaksimalkan kerja agar mendapatkan penghasilan yang sesuai dengan harapan.

Bagaimana agar bisa sukses menjadi seorang freelancer? Simak tips berikut:

Temukan bidang pekerjaan yang Anda minati

Tidak semua bidang dapat dikerjakan secara freelance. Tentukan dahulu minat serta keahlian anda. Pekerjaan freelance yang umum adalah menjadi penulis lepas. Jika tertarik dengan dunia fotografi, freelance fotografer bisa dijadikan sebagai pilihan kerja. Bidang audio visual lainnya juga banyak menawarkan pekerjaan freelance seperti bidang IT, visual designer, programmer dan masih banyak lagi.

READ:  4 Tips Sukses Menjalankan Usaha Kuliner

Membuat jaringan/relasi

Untuk menjadi freelancer yang sukses, sangat penting untuk memiliki banyak relasi atau jaringan. Semakin banyak relasi, maka semakin mudah pula untuk mempromosikan diri kita di luar. Hal ini dapat dilakukan dengan pendekatan orang yang tepat. Anda bisa mempromosikan diri kepada kerabat, sahabat atau teman ketika masih sama – sama di satu organisasi.

Media promosi diri bisa juga dilakukan melalui media sosial seperti twitter, facebook atau Linkedlin. Media sosial adalah media yang sangat efektif untuk memperluas jaringan. Anda tinggal membuat akun dan banyak melakukan interaksi luar.

Strategi lainnya yang bisa digunakan yakni dengan email marketing. Anda bisa mengirimkan email kepada perusahaan professional. Anda bisa menulis surat dan mengirimkannya ke perusahaan tersebut.

Kreatif dan inovatif

Sebagai freelancer, anda dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menghasiilkan produk. Klien lebih tertarik dengan ide – ide segar. Teruslah mengasah kemampuan atau skill anda dengan banyak membaca dan mempelajari lebih mendalam lagi bidang yang anda geluti. Sharing dengan sesama freelancer yang bekerja di bidang yang sama juga dapat membantu menyelesaikan masalah yang anda hadapi dengan klien.

READ:  3 Tipe Orang Sukses Menjalankan Bisnis Online

Disiplin waktu

Hal yang terpenting untuk mencapai kesuksesan di bidang freelance, anda harus pandai–pandai mengatur waktu. Kadangkala orang terjebak dengan banyaknya waktu luang sehingga pekerjaan tidak selesai tepat waktu. Meskipun kualitas pekerjaan anda bagus, klien tetap memperhitungkan tenggat waktu pekerjaan karena mereka memiliki deadline juga. Dengan demikian mereka mengharapkan seorang freelancer bekerja sesuai dengan deadline mereka juga.

(photo: infojkt.com)