9 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Selama Travelling

Pekerjaan saat TravellingBekerja sambil travelling

Siapa bilang travelling hanya menghambur–hamburkan uang? Sambil berlibur anda masih bisa menghasilkan uang untuk menambah budget perjalanan. Ingin tahu caranya? Simak ulasan berikut.

Menulis cerita perjalanan

Menjadi seorang travel writer memang tidak mudah. Anda harus memiliki bakat atau skill di bidang ini. Punya hobi menulis cerita perjalanan? Manfaatkan hobi ini dengan mengirimkan tulisan perjalanan ke majalah atau situs – situs travelling. Situs – situs atau majalah perjalanan biasanya akan memberikan uang jika tulisan anda diterbitkan.

Loading...

Instruktur selam

Pintar menyelam dan memiliki sertifikat diving, cobalah bekerja paruh waktu sebagai instruktur menyelam di pusat – pusat diving di seluruh dunia. Ada beberapa syarat khusus yang harus dimiliki seorang instruktur selam di antaranya harus berusia 18 tahun ke atas dan memiliki fisik yang bagus.

Bekerja di resor ski

Banyak pekerjaan yang tersedia di tempat ini mulai dari instruktur ski, pencuci piring, pelayan atau lain sebagainya. Sebagian pekerjaan di resor ski memberikan akomodasi dengan harga murah bahkan gratis, potongan harga makanan sampai potongan segala barang keperluan musim dingin. Pekerjaan resor ski terdapat di negara – negara Eropa, Amerika Serikat atau Jepang.

READ:  Menghadapi Penerbangan Delay secara Hukum

Bekerja di perkemahan musim panas

Di Amerika Utara, anak – anak memiliki budaya berkemah di musim panas dimana mereka menghabiskan waktu untuk belajar seni dan keterampilan, olahraga, dan kegiatan lainnya. Jenis pekerjaan yang biasanya dibutuhkan di perkemahan yakni pemimpin kegiatan, staf pendukung yang membantu baik di belakang layar atau kantor, di dapur atau di lapangan serta penasehat perkemahan.

Bekerja volunteer

Jika anda menyukai pekerjaan sebagai relawan anda bisa bergabung dengan organisasi atau lembaga amal internasional yang merekrut sukarelawan untuk bekerja di kawasan – kawasan paling miskin di dunia. Tidak perlu khawatir bila tidak memiliki keahlian atau skill ketika melamar menjadi relawan. Beberapa pekerjaan ada yang tidak mengharuskan adanya skill atau kemampuan untuk mengerjakan proyek tertentu. Jika telah berpengalaman anda bisa memilih pekerjaan profesional yang sesuai dengan kemampuan anda. Program volunteer tersebut ada dalam jangka pendek dan ada pula dalam jangka panjang (1 – 6 bulan).

Melamar work and holiday visa

Tidak menyukai pekerjaan yang terikat, anda bisa melamar visa bekerja sambil liburan (working and holiday visa) di beberapa negara seperti Australia, Kanada, Selandia baru atau Jepang. Negara – negara tersebut mengijinkan warga asing untuk bekerja di negaranya. Anda bisa megambil kerja paruh waktu atau pekerjaan dengan jangka waktu lama selama tidak tinggal melebihi batas waktu visa.

READ:  5 Upacara Adat di Yogyakarta yang Menarik Ribuan Warga

Mengajar bahasa inggris

Cara yang paling mudah untuk bekerja sambil travelling adalah dengan menjadi guru bahasa inggris. Jika memiliki sertifikat TESOL (Teaching English As a Second Language) anda akan mudah menjadi guru di tempat yang anda kunjungi. Salah satu organisasi yang menawarkan pekerjaan sebagai guru yakni project abroad yang menempatkan pelamar di berbagai belahan dunia seperti Krabi, Thailand.

Menyanyi di café

Tidak semua orang diberi kelebihan di bidang seni. Jika pandai menyanyi atau pandai memainkan alat musik, anda bisa tampil di café atau menjadi artis jalanan. Anda bisa menghibur pejalan kaki atau tampil di restoran terbuka untuk menambah uang saku selama travelling.

Bekerja di kapal pesiar

Suka berlayar dan tertarik dengan laut, cobalah menjadi pekerja kapal pesiar. Selain bekerja anda bisa menikmati kemewahan kapal pesiar. Untuk menjadi pekerja kapal pesiar anda harus memiliki paspor yang sah dan memenuhi syarat untuk bekerja di negara mana kapal terdaftar. Anda bisa memilih pekerjaan di kapal pesiar seperti fotografer, resepsionis, kasir, insinyur, tukang pipa, petugas hotel, pelayan kabin, penyedia perawatan anak, staf medis dan masih banyak lagi. Kontrak yang ditawarkan oleh kapal pesiar yakni sekitar 3 – 6 bulan.

READ:  Lawang Sewu, Ikon Sejarah Kota Semarang

(photo: thinkstock.com)