10 Persiapan Aman Untuk Berkendara Motor Jarak Jauh

Berkendara Motor Jarak JauhBerkendara Motor Jarak Jauh

Perjalanan jauh menggunakan kendaraan roda empat atau kereta sudah biasa dilakukan saat sekarang ini. Selain itu, ada juga yang beralih menggunakan motor karena kemudahannya di jalan melewati kemacetan bila ada. Faktor hemat BBM juga menjadi alasan bagi banyak orang untuk menggunakan motor dalam bepergian jarak jauh.

Berkendara jauh menggunakan motor membutuhkan stamina, fokus, dan kondisi kendaraan yang lebih dibandingkan bila memakai mobil. Alasannya karena motor selalu memaksa kita untuk memantau setiap jalan agar tetap stabil jalannya.

Loading...

Bila Anda merencanakan ingin bepergian jauh menggunakan motor, disarankan untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar saat di perjalanan kondisi Anda tetap bugar. Berikut beberapa tips yang bisa memberikan masukan untuk Anda dalam mempersiapkan apa saja yang wajib dilakukan sebelum berangkat menggunakan motor.

1. Siapkan fisik dan stamina Anda agar tetap prima. Misalnya dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin yang bisa menyokong Anda agar kebugaran badan Anda tetap terjaga.

2. Bawalah bekal bila perlu. Persiapan bekal dilakukan untuk medan yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan warung persinggahan.

READ:  7 Kelalaian Yang Harus Dihindari Saat Membeli Motor Bekas

3. Istirahatlah yang cukup sebelum memulai perjalanan Anda. Bukan cuma sehari sebelum pergi, bisa beberapa hari sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar kondisi tubuh nanti di perjalanan tetap bugar. Selain itu, bila ada waktu beristirahat di jalan, bisa Anda gunakan sebaik-baik mungkin untuk memulihkan tenaga dan pikiran.

4. Jangan bebankan pikiran Anda dengan yang macam-macam saat mengendarai motor di jalan. Fokuslah pada jalan dan sekitar Anda.

5. Bukan cuma badan yang harus dipersiapkan. Motor juga harus dipersiapkan dengan sematang mungkin. Periksakan ke bengkel motor Anda untuk tuneup pada oli, aki, kondisi mesin, karburator, lampu, rem, dan kondisi ban motor Anda. Ini sangat penting, jangan sampai di jalan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Saat berkendara, pastikan posisi duduk Anda dalam keadaan benar dan tidak miring. Buatlah agar senyaman mungkin. Mengatur hal-hal seperti ini memungkinkan Anda untuk bisa bertahan lama duduk di atas motor dan tidak membuat Anda cepat capek. Pelajari teknik-tekniknya agar manfaatnya bisa didapatkan.

READ:  10 Destinasi Traveling Murah di Tahun 2014

7. Terkadang orang beranggapan bahwa perjalanan akan lebih lama lagi bila mengambil waktu untuk beristirahat. Sebaiknya jangan mengikuti pandangan seperti ini. Tubuh dan motor Anda butuh jeda untuk beberapa saat setelah sepanjang jalan berkendara. Ingat, daya tahan tubuh manusia ada batasnya. Begitu juga dengan motor, jangan sampai terlalu kepanasan. Memaksakan diri dan motor berarti memancing resiko kecelakaan.

8. Ingatlah selalu untuk melakukan komunikasi isyarat saat di jalan. Dengan demikian Anda akan menjaga keselamatan diri sendiri dan juga orang lain yang juga sedang berkendara di sekitar Anda. Bunyikan klakson seperlunya serta lampu sebagaimana mestinya.

9. Dan jangan lupa pakai helm yang menutupi seluruh kepada Anda hingga telinga. Bukan sembarang helm, pakailah helm yang sudah berstandar SNI. Pakailah pengalas dada, jaket, sarung tangan, penutup hidung, dan persiapkan mantel untuk berjaga-jaga bila hujan tiba-tiba turun.

10. Terakhir, berdoalah sebelum berangkat ke tempat tujuan. Semoga Tuhan selalu menyertai kita dalam perjalanan.

(photo: motorcycle-usa.com)