Bagaimana Meminimalisir Bau Interior Mobil Pasca Kebanjiran

Mobil terendam banjir Mobil yang terendam banjir

Interior mobil adalah bagian yang vital dari sebuah mobil. Ada orang beranggapan, kondisi interior sebuah mobil mencerminkan bagaimana pribadi dari orang itu. Ya memang benar. Jadi jangan pernah mengabaikan suasana dan desain interior mobil Anda.

Di musim hujan, banjir bisa datang kapan saja. Dan bagian interior merupakan salah satu bagian yang harus mendapat perhatian lebih buat mobil terendam banjir, setelah mesin. Sebab, terdapat banyak bahan atau material yang mudah menyerap air dan potensi bau tak sedap sangat besar jika tak lekas dikeringkan.

Loading...

Untuk Anda yang pernah mengalami hal demikian, dengan kondisi mobil terendam banjir sehingga bagian-bagian di dalamnya basah, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini. Dengan harapan bisa membantu meminimalisir bau yang diakibatkan oleh air yang masuk dalam bagian interior mobil.

Faktanya, jika kabin mobil sudah terendam air kotor, mau tidak mau harus dibongkar. Apa yang basah harus dilepas untuk dikeringkan. Bila tidak bau apek luar biasa akan menghiasi mobil Anda. Pengeringan yang paling utama adalah bagian jok mobil, khususnya untuk yang berbahan fabric.

Di bagian jok, busa beserta kain-kain yang ada di dalamnya harus di lepas. Bila memungkinkan, cucilah dulu sebelum dikeringkan. Sikat bagian yang perlu disikat dengan lembut agar tidak sobek. Sedangkan busa, cukup dicuci dan peras secukupnya. Jemurlah di bawah sinar matahari agar keringnya maksimal.

READ:  Tips Merawat Ban Mobil

Terkadang orang menginginkan bagian-bagian mobil yang basah cepat kering. Mereka pun mengakalinya dengan menggunakan pengering pakaian atau alat semacam hair dryer. Padahal pemakaian alat ini tidak sepenuhnya maksimal. Ketahuilah bahwa bagian kering hanya luarnya saja, tidak merata sampai ke dalam.

Kebanyakan mobil-mobil saat ini banyak menggunakan karpet untuk alas yang terbuat dari kain, ada juga dari karet atau plastik. Bila terbuat dari plastik atau karet, hal ini cukup mudah untuk dibersihkan. Tapi bila kain, sebaiknya Anda mencucinya lagi dan menjemur dengan cara dibolak-balik hingga benar-benar kering.

Urusan plafon dalam mobil, kami sarankan untuk melepas bagian ini saja. Bila parah, ganti saja dengan yang baru. Kekurangan plafon yang hanya dikeringkan dan dipakai kembali adalah bekas-bekas lumpur bisa mengukir setiap sisi plafon sehingga sangat tidak menyenangkan untuk dipandang.

Benda lain yang juga patut Anda cermati adalah AC dan saluran AC yang masuk ke dalam mobil Anda. Bersihkan semua itu. Bila ragu membersihkannya, bawa saja mobil Anda ke bengkel AC untuk dibersihkan secara menyeluruh.

READ:  Ferrari Keluarkan Mobil Hibrida Paling Cepat Di Dunia

Satu lagi yang perlu Anda ingat adalah bahwa keringkan bagian-bagian kabel dari mobil Anda. Melewati 1 atau 2 minggu pasca kebanjiran, belum menjamin bahwa sistem kabel dan arus listrik bebas dari air. Mengatasi hal demikian, Anda bisa membongkar semua penutup-penutup bagian dan menyemprotkan angin kompresor agar bagian-bagian yang tak terjangkau bisa dibersihkan.

(AP Photo/Apichart Weerawong)