6 Tanda-Tanda Menopause Pada Wanita

tanda-tanda menopauseApa saja tanda-tanda menopause?

Menopause adalah kejadian alami yang akan terjadi pada setiap wanita saat mencapai usia pertengahan, yaitu antara usia 45-50 tahun. Banyak wanita yang tidak menyadari saat datangnya menopause dan saat menyadarinya, kesuburan mereka sudah berkurang sehingga membuat mereka panik. Menopause tidak diketahui kapan terjadinya dan akan terjadi untuk jangka waktu yang tidak dapat diperkirakan.

Berikut beberapa gejala yang akan timbul saat Anda mulai memasuki masa menopause.

1.Masa Subur

Gejala awal dari menopause tidak bisa Anda ketahui dengan pasti kapan akan terjadi. Bisa saja terjadi lebih awal atau terlambat. Hal ini terjadi karena ketidakstabilan hormon dalam tubuh Anda yang biasanya ditandai dengan berkurangnya masa subur .

2. Susah Tidur

Wanita yang akan mengalami menopause mungkin saja merasakan insomnia karena saat akan tidur Anda akan merasa panas dan berkeringat. Tidak hanya berkeringat pada malam hari, hal ini juga dapat mengurangi hormon Anda untuk tidur lebih nyenyak dikarenakan kurangnya hormon progesteron. Selain estrogen, bahkan progesteron pun akan berkurang selama masa menopause.

3. Organ Intim Terasa Kering

Karena produksi dari hormon destrogen yang menurun sehingga membuat daerah sekitar vagina mulai mengering dan menjadi kurang elastis. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan selama berhubungan intim dan membuat Anda merasa lebih tua.

4. Cemas dan Depresi

Perasaan cemas, mudah marah, depresi akan terjadi pada wanita saat akan memasuki masa menopause. Perasaan dalam mengontrol emosi adalah gejala umum yang akan terjadi begitu juga rasa panik. Tanda-tanda fisik seperti detak jantung meningkat, sesak napas dan jantung berdebar dapat menjadi tanda buat Anda untuk mengetahui bahwa telah memasuki masa memopause.

5. Nyeri Pada Kaki dan Sendi

Ini adalah gejala yang sangat umum untuk Anda tahu bahwa telah mencapai masa menopause. Karena ketidakseimbangan hormon yang terjadi, maka akan membuat sendi terasa lemah, otot dan anggota badan terasa sakit. Namun, jika ini dirasakan terlalu sering dan tak tertahankan Anda dapat berkonsultasi ke dokter.

6. Ketidakseimbangan Hormon

Gejala umum yang terjadi pada fisik Anda saat akan mengalami menopause adalah saat terjadinya ketidakseimbangan hormonal. Hal ini dapat Anda lihat pada rambut Anda yang mulai rontok dan menipis yang disebabkan karena menurunnya produksi hormon esterogen.

(photo: istockphoto)


Topik Terkait: , , ,

2 Komentar

  1. maryam says:

    apa solusi agar tetap fit bagi orang yang menopause

  2. Pingback: Waspadai Efek Samping dan Resiko Terapi Hormon!

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>