5 Tips Dalam Memilih dan Membeli Flashdisk

tips membeli flash diskMemilih flashdisk yang awet digunakan

Flasdisk adalah sarana penyimpanan file yang banyak digunakan saat ini, selain harddisk eksternal. Anda dapat memilih jenis flashdisk sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini banyak sekali jenis flasdisk yang ditawarkan dan dipasarkan sehingga Anda bingung untuk memilih. Beberapa flashdisk mungkin tidak akan bertahan lama dan beberapa akan bermasalah saat digunakan.

Loading...

Untuk menghindari hal tersebut, berikut kami sajikan beberapa tips yang perlu diketahui sebelum membeli flashdisk.

1. Merek Flasdisk

Sebelum memutuskan untuk membeli flashdisk, disarankan untuk menentukan merek flashdisk yang ingin Anda beli.

Anda dapat mencari informasi tentang flashdisk yang bagus dan direkomendasikan dengan cara membaca review tentang flashdisk di forum-forum online yang berhubungan.

Hal ini akan menjadi masukan buat Anda karena biasanya kita merekomendasikan barang berdasarkan pengalaman setelah memakainya bukan? Jadi, belajarlah dari pengalaman orang lain saat memakai merek flashdisk tertentu.

2. Harga

Jangan tergiur harga murah. Anda pernah dengar kalimat bahwa kualitas barang berbanding lurus dengan harga? Nah, meskipun flashdisk tersebut memiliki kapasitas besar dengan harga murah, sebaiknya teliti dulu sebelum membeli.

READ:  Benarkah Google ‘Mengintip’ Semua Isi Gmail?

3. Kondisi Fisik

Usahakan untuk mencari flashdisk yang memiliki kualitas bahan dan bentuk yang baik. Ini untuk mengantisipasi terjadinya benturan atau tidak sengaja terjatuh di dalam air.

Terkadang kita memilih flashdisk karena tertarik pada warna atau bentuknya yang lucu dan menarik padahal belum tentu kuat.

Mengapa dibutuhkan casing yang kuat? karena dalam pemakaiannya, flashdisk akan berulangkali ditancapkan dan dicabut sehingga dibutuhkan casing kuat untuk melindungi bagian dalam dari flashdisk.

Pilihlah flashdisk yang casing luarnya berbahan karet, tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil, ramping, melekat kuat dan nampak kokoh.

4. Kemampuan Membaca dan Menyimpan Data

Kemampuan flashdisk untuk membaca dan menyimpan data biasanya berbeda-beda tergantung merek dan kapasitas dari flashdisk tersebut.  Kecepatan flashdisk membaca data pada umumnya lebih tinggi dibanding kecepatan menyimpan data.

Kecepatan transfer data juga dipengaruhi oleh pemakaian kabel tambahan. Jadi jika Anda mengkoneksikan USB flashdisk dengan kabel maka sistem transfer data dari flashdisk akan semakin melambat.

READ:  Samsung Galaxy S4 dengan Spesifikasi Lengkap

5. Lokasi Penjualan

Sebaiknya Anda membeli flashdisk pada toko resmi atau toko langganan Anda. Tak apa lebih mahal sedikit tapi pemakaian flashdisk awet dibanding membeli dengan harga murah tapi cepat rusak karena palsu atau kondisinya tidak terjamin.

Pertimbangkan segala aspek sebelum membeli, jangan sampai mengomel dan menyesal setelah membeli karena tidak sesuai dengan keinginan.

Be a smart buyer 🙂

(photo: kingflash.en.alibaba.com )