Mengenal Kosmetik Non – Comedogenic

kosmetik non comedogenic Kosmetik non comedogenic

Akhir–akhir ini kita sering mendengar atau membaca istilah non-comedogenic di label sebuah merek make-up atau perawatan kulit. Nah, tahukah Anda apa itu non-comedogenic?

Non-comedogenic adalah bahan–bahan yang terkandung dalam kosmetik tersebut tidak akan menyumbat pori – pori kulit. Anda tentu sudah tahu bahwa pori–pori yang tersumbatlah asal terbentuknya jerawat. Untuk Anda yang sering bermasalah dengan kulit, sebaiknya gunakan produk perawatan kulit dan make-up yang non-comedogenic.

Loading...

Make-up non-comedogenic terbaik adalah yang tidak mengandung mineral. Kosmetik mineral memang sangat menakjubkan bagi mereka yang kulitnya sedang berjerawat karena akan membantu meyamarkannya.

Sekarang ini yang telah dikenal adalah bedak tabur yang mengandung mineral Bismuth Oxychloride yang akan memberikan efek halus dan tahan lama namun memiliki efek samping. Yaitu, kulit wajah terasa panas, gatal, memerah bahkan break out (mulai bermasalah). Jadi, bagi pemilik kulit yang mudah berjerawat, sebaiknya hindari kosmetik yang mengandung mineral.

Ada banyak bahan yang bisa memberikan efek baik pada kulit dengan tidak mengiritasi bahkan membantu memudarkan noda maupun bekas jerawat di wajah. Apa sajakah?

  1. Jojoba Seed Oil – Membantu melembabkan dan tidak akan menyumbat pori–pori kulit.
  2. Tea Tree Oil – Antibakteri yang akan membantu melawan penyebab jerawat dan menyeimbangkan kadar pH kulit.
  3. Aloe Vera Extract – Membantu agar kulit tidak mudah memerah atau meradang karena mempunyai anti-inflammatory dan juga melembabkan kulit.
  4. Ekstrak Chamomile – Antioksidan yang terkandung dalam ekstrak chamomile membantu menyehatkan dan melembabkan kulit wajah serta membuat kulit jadi tampak lebih halus dan lembut.
  5. Bentonite – clay yang sangat menakjubkan karena membantu mengangkat kotoran dengan lembut dan menyeluruh dan tidak akan menyisakan residu pada kulit.
  6. Witch Hazel Extract – Membantu menyeimbangkan kadar minyak dalam kulit.
READ:  Tips Memilih Tas Tangan Yang Sesuai Bentuk Tubuh

Selain menghindari penggunaan kosmetik yang mengandung minyak, berbagai jenis paraben dan yang yang non-comedogenic, berikut ada beberapa tips dalam menggunakan make-up.

  1. Bersihkan kuas makeup seminggu sekali dengan menggunakan sampo lembut (sampo bayi) agar kuas tetap bersih dan terbebas dari kuman dan bakteri agar tidak mengiritasi kulit.
  2. Meskipun tanggal ekspired kosmetik biasanya paling lama 2 tahun dari tanggal pembuatan, namun sebaiknya gunakan kosmetik paling lama 8 bulan untuk menjaga agar kosmetik yang Anda gunakan tetap higienis dan terhindar dari kuman serta bakteri.
  3. Gunakan kosmetik yang bebas paraben dan mineral oil.
  4. Rajinlah bersihkan sisa make up pada wajah pada malam hari sebelum tidur agar kulit juga bisa bernapas.

(photo: luuux.com)