Cara Alami Menghilangkan Bulu Tangan dan Kaki

waxingWaxing

Bagi kebanyakan wanita, bulu tangan dan kaki dianggap dapat mengganggu penampilan. Untuk itu, berbagai cara mereka lakukan untuk menghilangkan bulu tangan dan kaki. Salah satu cara yang paling populer adalah dengan menggunakan wax.

Tetapi selain mahal, waxing juga berarti bersentuhan dengan bahan kimia. Tentu ini beresiko. Ternyata ada cara membuat wax dari bahan-bahan alami.

Berikut cara menghilangkan bulu tangan dan kaki secara alami.

Buat Wax dari Bahan Alami

Siapkan saucepan atau mangkuk sayur, masukkan 250 ml gula pasir lalu masak di atas api sedang. Jangan diaduk, cukup diputar sesekali. Tunggu sampai menjadi karamel kecoklatan.

Kemudian masukkan 250 ml madu asli dan 125 ml jus lemon. Aduk perlahan, hati-hati karena gula akan sangat berbusa dan panas. Aduk terus sampai bahan-bahan tercampur sempurna.

Sekarang wax sudah jadi. Biarkan dingin dulu sebelum dipakai. Jika Anda tidak akan langsung memakainya, maka simpan di lemari pendingin.

Cara Menggunakan Wax Alami

Pertama, cek dulu panjang bulu tangan/kaki yang akan Anda hilangkan. Panjang bulu yang akan dihilangkan idealnya 3-6 mm. Jika terlalu pendek maka wax tidak akan mencabut bulu sampai ke akarnya. Jika terlalu panjang, maka Anda akan merasa kesakitan ketika proses pencabutan berlangsung.

Siapkan kain berbahan katun. Anda bisa menyobeknya dari kaus berbahan katun. Untuk merapikan tepian yang berjumbai, Anda dapat menjahitnya.

Kemudian, daerah berbulu yang akan Anda cabut taburi dengan bedak bayi atau tepung maizena. Bedak bayi dapat menyerap minyak tubuh sehingga kain akan menempel di bulu, bukan di kulit, sehingga tidak akan terlalu sakit ketika proses pencabutan berlangsung.

Oleskan wax menggunakan spatula kayu. Arah olesan harus searah dengan pertumbuhan bulu.

Letakkan kain di atas kulit yang sudah diolesi wax. Tekan searah dengan arah pertumbuhan bulu.

Tunggu beberapa saat. Coba tarik sedikit tepiannya untuk mengetahui apakah kain sudah menempel dengan kuat.

Pegangi tangan atau kaki Anda, kemudian cabut kain secara cepat. Arah tarikan harus berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut dan jangan dalam sudut 90 derajat, tapi harus kurang dari itu.

Demikian tips membuat wax alami dan cara pemakaiannya. Semoga bermanfaat.

(Photo : purelyyouspa.com)


Topik Terkait: , , , ,

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>