5 Manfaat Penting Tidur Siang bagi Kesehatan Manusia

tidur siangTidur siang saat istirahat kerja

Tidur adalah kondisi tidak sadar seseorang dimana dapat dibangunkan oleh stimulasi atau sensori yang sesuai. Tidur mutlak harus dilakukan seorang manusia dalam sehari semalam agar dapat mengembalikan energi yang telah terkuras saat bekerja di siang hari. Kebutuhan tidur berbeda – beda setiap orang tergantung usia dan kebutuhan.

Waktu tidur yang paling afektif adalah malam hari, namun ada juga yang tidur siang hari selama beberapa menit . Di Amerika sendiri telah ditetapkan tanggal 11 Maret merupakan Hari Tidur Siang Nasional  (National Napping Day). Tidur siang mungkin lebih sering dilakukan oleh anak – anak yang masih dalam masa pertumbuhan, sementara orang dewasa yang sudah bekerja lebih jarang melakukannya.

Loading...

Tidur siang yang baik hanya membutuhkan waktu 20 menit, sebab untuk mencapai 1 siklus tidur yaitu tidur ringan – sedang – dalam dan mimpi hanya butuh waktu 20 menit. Sementara malam hari kita membutuhkan waktu 120 menit untuk 1 siklus tidur.

READ:  Adakah Manfaat Tidur Tanpa Mengenakan Pakaian?

Nah apa saja manfaat tidur siang terutama buat kesehatan?

1. Meringankan beban psikologis

Tidur siang sejenak ternyata dapat membantu meringankan stres, sehingga saat bangun tidur kita dapat tersenyum lebar.

2. Menambah Semangat

Tidur siang baik untuk meningkatkan produktivitas para pekerja. Contohnya pada anak – anak balita yang tidur siang biasanya saat bangun tidur siang akan terlihat bersemangat, berbeda halnya dengan balita yang tidak tidur siang biasanya lebih rewel.

3. Meningkatkan Kreativitas

Anda merasa otak anda sering buntu? Sulit menemukan kreativitas? Cobalah tidur siang sejenak. Tidur siang dapat membantu menemukan inspirasi yang bagus. Seorang Mary Shelley menciptakan novel Frankeninstein berdasarkan mimpinya. Para ahli menemukan bahwa saat tidur terjadi aktivitas pada  otak belahan kiri, ini adalah bagian otak yang dipercaya dapat meningkatkan kreativitas seseorang.

4. Meningkatkan daya ingat

Bagi anda yang sering lupa dapat melakukan tidur siang untuk mengatasi lupa. Sebuah penelitian pada tahun 2008 mengatakan bahwa tidur siang 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak anda.

READ:  Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak

5. Mengurangi resiko penyakit jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan di Yunani mengatakan bahwa tidur siang setengah jam dapat mengurangi resiko penyakit jantung hingga 37 %.

Tidur siang banyak manfaatnya bukan? Mulai saat ini sebaiknya kita biasakan diri untuk tidur siang.

(Photo : intisari-online.com)