7 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

tips menjaga mata sehatTips mata sehat

Mempunyai mata yang sehat merupakan hal yang sangat penting. Bayangkan jika terjadi sesuatu pada mata Anda. Banyak hal yang dapat Anda lakukan dan lihat jika menjaga kesehatan mata Anda.

Kami berbagi beberapa tips mudah untuk menjaga mata Anda tetap sehat.

Loading...

1. Lakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Anda pasti berpikir penglihatan Anda baik-baik saja atau mata Anda sehat, tetapi disarankan untuk mengunjungi klinik pemeriksaan mata secara rutin untuk lebih memastikan apakah mata Anda benar-benar dalam keadaan sehat atau tidak.

Saat masalah penglihatan mulai terjadi, beberapa dari Anda mungkin berpikir dapat mengatasinya dengan menggunakan kontak lensa atau kacamata. Tetapi sebenarnya banyak efek samping yang dapat timbul dari penggunaan barang seperti itu, misalnya mata merah, ketergantungan, dan biasanya minus pada mata Anda akan bertambah. Maka dari itu lakukan pemeriksaan mulai dari sekarang untuk mengetahui kesehatan mata Anda tanpa harus menggunakan alat bantuan seperti kacamata atau lensa kontak.

2. Sejarah Kesehatan Mata Keluarga

Penting untuk mengetahui jika dalam keluarga Anda memang memiliki penyakit atau sudah secara turun-temurun terjadi kerusakan pada mata. Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih waspada sejak awal.

READ:  Putih Telur Dapat Menurunkan Tekanan Darah

3. Konsumsi Makanan Sehat

Anda mungkin tahu kalau wortel sangat baik untuk mata. Tetapi mengkonsumsi buah-buahan seperti nanas, dan sayuran-sayuran hijau seperti bayam juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Hasil penelitian juga menunjukkan dengan mengkonsumsi ikan yang tinggi akan lemak omega-3 seperti salmon, tuna dan ikan perak juga dapat membuat mata Anda lebih sehat.

4. Pelindung Mata

Gunakan alat yang melindungi mata saat  akan berolah raga atau melakukan aktivitas di sekitar rumah. Alat yang dapat digunakan seperti kacamata, kacamata debu, atau kacamata yang memang dirancang utuk melindungi mata dan dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

5. Berhenti Merokok

Merokok sangat buruk untuk kesehatan mata Anda. Hasil penelitian menunjukkan dengan merokok Anda dapat beresiko terkena penyakit seperti katarak, saraf mata akan rusak bahkan yang lebih buruknya lagi dapat menyebabkan kebutaan.

6. Istirahatkan Mata

Saat Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di depan computer atau terlalu fokus terhadap sesuatu, Anda kadang lupa untuk mengedipkan mata dan akhirnya membuat mata Anda lelah. Cobalah aturan 20-20-20 : setiap 20 menit, perhatikan 20 langkah di depan Anda selama 20 detik. Ini akan membantu untuk mengurangi rasa lelah pada mata Anda.

READ:  5 Khasiat Biji bunga Matahari untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh

7. Bersihkan Tangan dan Kontak Lensa Secara Teratur

Untuk mengurangi resiko infeksi, usahakan untuk mencuci tangan Anda sebelum melepaskan kontak lensa. Bersihkan kontak lensa Anda dengan pembersih yang dapat membunuh kuman dan simpan kontak lensa Anda pada tempatnya.

(photo: jdzda.com)